Yakup, Muhammad PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LATAR PENDIDIKAN FORMAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH MTS NEGERI RANTAU PARAPAT. Jurnal Title.
UNIMED-Article-23820-Yakub.pdf - Published Version
Download (980kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Fikih antara: (1) strategi pembelajaran generatif dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) latar belakang pendidikan dengan latar belakang pendidikan SD, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan latar belakamg pendidikan formal. Populasi penelitian adalah siswa VII MTsN Rantauprapat sebanyak 240 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, diperoleh kelas VII-1 menggunakan pembelajaran generatif dan kelas VII-3 pembelajaran ekspositori. Uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Teknik analisis data dengan Anava dua jalur pada taraf  = 0,05. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran generatif = 28,2 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran ekspositori = 27,05, dengan Fhitung = 29,57 > Ftabel = 3,968, (2) rata-rata hasil belajar siswa latar pendidikan MI = 29,91 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa latar pendidikan SD = 26, dengan Fhitung = 4,43 > Ftabel = 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan latar pendidikan terhadap hasil belajar Fikih dengan Fhitung = 7,18 > Ftabel = 3,968.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Latar Pendidikan; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 08:44 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/643 |