Supriadi, Oding PENELITIAN TINDAKAN BAGI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Title.
UNIMED-Article-23819-Oding.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari tulisan ini yaitu menyajikan konsep penelitian tindakan yang dapat dilakukan oleh guru. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu penelitian tindakan. PTK bertujuan untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas, dan untuk meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pengembangan profesinya. Melalui PTK berbagai persoalan nyata dapat diselesaikan oleh guru guna memperbaiki atau meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. Langkah-langkah pokok yang ditempuh dalam pelaksanaan PTK yaitu: a) penetapan fokus permasalahan, b) perencanaan tindakan, c) pelaksanaan tindakan, d) pengumpulan data (pengamatan/ observasi), e) refleksi (analisis, dan interpretasi), dan f) perencanaan tindak lanjut. Melalui pelaksanaan PTK oleh guru, dimungkinakan mutu pendidikan, khususnya mutu pembelajaran lebih meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Penelitian Tindakan; Guru; Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 02:12 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/642 |