Hamonangan, Fajri (2024) Analisis Desain Sistem Pengereman Regeneratif Mobil Listrik Menggunakan Motor BLDC. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5173530012_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Cover.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of 5173530012_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (740kB)
![[thumbnail of 5173530012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Kata_Pengantar.pdf
Download (398kB)
![[thumbnail of 5173530012_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Abstrak.pdf
Download (269kB)
![[thumbnail of 5173530012_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Daftar_Isi.pdf
Download (270kB)
![[thumbnail of 5173530012_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Daftar_Tabel.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 5173530012_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Daftar_Gambar.pdf
Download (296kB)
![[thumbnail of 5173530012_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 5173530012_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_BAB_I.pdf
Download (566kB)
![[thumbnail of 5173530012_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 5173530012_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5173530012_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5173530012_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_BAB_V.pdf
Download (365kB)
![[thumbnail of 5173530012_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (485kB)
![[thumbnail of 5173530012_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5173530012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membuat desain sistem pengereman regeneratif
terhadap mobil listrik BLDC menggunakan simulasi perangkat lunak MATLAB
simulink 2019b. (2) Menganalisis sistem pengereman regeneratif terhadap mobil
listrik BLDC menggunakan simulasi perangkat lunak MATLAB simulink 2019b.
(3) Mengetahui pengaruh pengereman regeneratif terhadap SOC baterai dan
pengisian kapasitas baterai.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mendesain sebuah Sistem
Pengereman Regeneratif Mobil Listrik Menggunakan Motor BLDC pada perangkat
lunak Matlab, kemudian melakukan pengujian terhadap desain dengan melakukan
simulasi ketika akselerasi dan ketika regeneratif dengan memasukan parameter
kecepatan yang berbeda yaitu 500 rpm, 300 rpm dan 100 rpm. Karakteristik yang
akan diamati adalah ketika mode akselerasi akan diamati adalah kecepatan aktual
simulasi dan ketika mode regeneratif akan diamati adalah motor BLDC yang akan
diamati adalah waktu pengereman sampai rpm 0, jumlah kenaikan SOC baterai (%),
dan kapasitas baterai yang terisi (Ah).
Hasil Penelitian yang telah dilakukan pada Sistem Pengereman Regeneratif Mobil
Listrik Menggunakan Motor BLDC didapatkan bahwa pada simulasi dengan
kecepatan referensi 500 rpm menghasilkan kecepatan aktual 500.3 rpm, dengan
waktu pengereman 7.266 ms, dan kapasitas baterai yang terisi 0,00247 mAh.
Kecepatan referensi 300 rpm menghasilkan kecepatan aktual 300.1 rpm, dengan
waktu pengereman 5.202 ms, dan kapasitas baterai yang terisi 0,00207 mAh.
Kecepatan referensi 100 rpm menghasilkan kecepatan aktual 100.2 rpm, dengan
waktu pengereman 1.289 ms, dan kapasitas baterai yang terisi 0,00395 mAh. Maka
rata-rata waktu pengereman adalah sebesar 4.752 ms dan rata-rata kapasitas baterai
yang terisi sebesar 0.00283 mAh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | BLDC, Pengereman Regeneratif, Mobil Listrik, Matlab, Kecepatan Motor, Simulasi |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:16 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64170 |