Analisis Desain Sistem Pengereman Regeneratif Mobil Listrik Menggunakan Motor BLDC

Hamonangan, Fajri (2024) Analisis Desain Sistem Pengereman Regeneratif Mobil Listrik Menggunakan Motor BLDC. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173530012_Cover.pdf] Text
5173530012_Cover.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 5173530012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173530012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of 5173530012_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173530012_Kata_Pengantar.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 5173530012_Abstrak.pdf] Text
5173530012_Abstrak.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 5173530012_Daftar_Isi.pdf] Text
5173530012_Daftar_Isi.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 5173530012_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173530012_Daftar_Tabel.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5173530012_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173530012_Daftar_Gambar.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 5173530012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5173530012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 5173530012_BAB_I.pdf] Text
5173530012_BAB_I.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 5173530012_BAB_II.pdf] Text
5173530012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 5173530012_BAB_III.pdf] Text
5173530012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5173530012_BAB_IV.pdf] Text
5173530012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5173530012_BAB_V.pdf] Text
5173530012_BAB_V.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 5173530012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173530012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 5173530012_Lampiran.pdf] Text
5173530012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membuat desain sistem pengereman regeneratif
terhadap mobil listrik BLDC menggunakan simulasi perangkat lunak MATLAB
simulink 2019b. (2) Menganalisis sistem pengereman regeneratif terhadap mobil
listrik BLDC menggunakan simulasi perangkat lunak MATLAB simulink 2019b.
(3) Mengetahui pengaruh pengereman regeneratif terhadap SOC baterai dan
pengisian kapasitas baterai.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mendesain sebuah Sistem
Pengereman Regeneratif Mobil Listrik Menggunakan Motor BLDC pada perangkat
lunak Matlab, kemudian melakukan pengujian terhadap desain dengan melakukan
simulasi ketika akselerasi dan ketika regeneratif dengan memasukan parameter
kecepatan yang berbeda yaitu 500 rpm, 300 rpm dan 100 rpm. Karakteristik yang
akan diamati adalah ketika mode akselerasi akan diamati adalah kecepatan aktual
simulasi dan ketika mode regeneratif akan diamati adalah motor BLDC yang akan
diamati adalah waktu pengereman sampai rpm 0, jumlah kenaikan SOC baterai (%),
dan kapasitas baterai yang terisi (Ah).
Hasil Penelitian yang telah dilakukan pada Sistem Pengereman Regeneratif Mobil
Listrik Menggunakan Motor BLDC didapatkan bahwa pada simulasi dengan
kecepatan referensi 500 rpm menghasilkan kecepatan aktual 500.3 rpm, dengan
waktu pengereman 7.266 ms, dan kapasitas baterai yang terisi 0,00247 mAh.
Kecepatan referensi 300 rpm menghasilkan kecepatan aktual 300.1 rpm, dengan
waktu pengereman 5.202 ms, dan kapasitas baterai yang terisi 0,00207 mAh.
Kecepatan referensi 100 rpm menghasilkan kecepatan aktual 100.2 rpm, dengan
waktu pengereman 1.289 ms, dan kapasitas baterai yang terisi 0,00395 mAh. Maka
rata-rata waktu pengereman adalah sebesar 4.752 ms dan rata-rata kapasitas baterai
yang terisi sebesar 0.00283 mAh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: BLDC, Pengereman Regeneratif, Mobil Listrik, Matlab, Kecepatan Motor, Simulasi
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:16
Last Modified: 22 Jul 2025 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64170

Actions (login required)

View Item
View Item