Manurung, Monika Koriwati (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL DI KELAS IV SD NEGERI 101774 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313210 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313210 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
108313210 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313210 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313210 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313210 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313210 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313210 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313210 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
108313210 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313210 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101774 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam menggunakan soal cerita matematika. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode tutor sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dalam penjumlah dan pengurangan pecahan di Kelas IV SD Negeri 101774 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012?Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkat dengan menggunakan metode tutor sebaya dalam kelompok kecil di Kelas IV SD Negeri 101774 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012 dengan Subjek penelitian seluruh siswa kelas V sebanyak 30 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa mencapai tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 65.Berdasarkan analisis data pada awal tindakan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal dapat diketahui dari 32 orang siswa Pada awal tindakan dapat ketahui bahwa dari 32 orang terdapat sebanyak 4 orang siswa 12.5% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 28 orang siswa 87.5% mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 18 orang siswa 56.25% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 14 orang siswa 43,75% mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 30 orang siswa 93,75% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 2 orang siswa 6,25% mendapat nilai belum tuntas. Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dapat ditingkatkan dengan menggunakan pembelajaran metode tutor sebaya dalam kelompok kecil di Kelas IV SD Negeri 101774 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Man m |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Metode Tutor Sebaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6415 |