Sinaga, Maulydar (2012) STRATEGI F.I.R.E-U.P UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 132407 KOTA TANJUNGBALAI TAHUN AJARAN 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313201 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313201 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
108313201 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313201 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313201 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313201 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313201 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313201 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313201 BAB I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
108313201 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108313201 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah Apakah Strategi F.I.R.E-U.P ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Kelas IV di SD Negeri 132407 Kota Tanjungbalai Tahun ajaran 2011/2012. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 siswa yang berasal dari kelas IV pada tahun ajaran 2011/2012, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pengumpulan data dengan cara memberi test. Penelitian ini terdiri dari 2 Siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa.Dari hasil analisis data diperoleh 4 siswa (10% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 36 siswa (90% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 43,5. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 17 siswa (42,5%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 23 siswa (57,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 65. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 36 siswa (90 %) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 83,75. Berdasarkan Hasil Observasi yang dilakukan Pada Proses Belajar Mengajar, terlihat Pada Observasi Kegiatan guru siklus I dan II nilai yang diperoleh adalah 75 dan 85, sedangkan Pada Observasi Kegiatan siswa Siklus I dan II nilai yang diperoleh adalah 83,3 dan 91,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strategi F.I.R.E-U.P mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi lingkungan sekitar siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Siswa dalam belajar tidak hanya sekedar hafalan atau mengingat fakta saja. Dengan Menggunakan strategi F.I.R.E-U.P dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi serta bagi pihak sekolah untuk dapat melaksanakan pengadaan sarana dan prasarana pelajaran agar lebih ditingkatkan dan Sebaiknya Strategi F.I.R.E-U.P digunakan oleh guru-guru yang ada di SD 132407 agar dapat meningkatkan kemampuan guru sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan Khususnya Pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sin s |
Keywords: | Setrategi F-I-R-E-U-P; Hasil Belajar; Pelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6412 |