Efendi, Muhammad Mulya (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality dengan Metode Project Based Learning. Undergraduate thesis, UNIMED.
5201151002_Cover.pdf
Download (228kB)
5201151002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (889kB)
5201151002_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
5201151002_Abstrak.pdf
Download (153kB)
5201151002_Daftar_Isi.pdf
Download (127kB)
5201151002_Daftar_Tabel.pdf
Download (108kB)
5201151002_Daftar_Gambar.pdf
Download (113kB)
5201151002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
5201151002_BAB_I.pdf
Download (360kB)
5201151002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201151002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201151002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
5201151002_BAB_V.pdf
Download (192kB)
5201151002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (198kB)
5201151002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality dengan Project Based Learning pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penggunaan media seperti buku teks, papan tulis, dan lembar kerja yang terus-menerus oleh guru selama proses pembelajaran dapat membuat siswa kurang tertarik dan kurang terlibat dalam pelajaran. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, diperlukan media pembelajaran interaktif di lingkungan sekolah. Penelitian ini menerapkan model ADDIE (Analisis, Perancangan, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi) sebagai prosedur utama, sementara pengembangan produk media dilakukan melalui metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pengujian terhadap media pembelajaran mencakup aspek kelayakan materi dan media, kemanfaatan, serta tingkat efektivitasnya.Pengujian kelayakan menghasilkan skor 4,53 pada aspek materi dan 4,50 pada aspek media. Sementara itu, penilaian akseptabilitas oleh siswa mencapai 4,64. Berdasarkan uji efektivitas, media pembelajaran ini secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, menciptakan suasana belajar yang interaktif, dan secara efektif memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Interkatif; Augmented Reality; Project Based Learning; Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi; ADDIE; Multimedia Development Life Cycle; Normalzed Gain Score |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:23 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 02:23 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64117 |
