Siahaan, Kevin Firdaus (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Model Project Based Learning Di SMK Negeri 13 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5203151003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Cover.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 5203151003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (530kB)
![[thumbnail of 5203151003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Kata_Pengantar.pdf
Download (304kB)
![[thumbnail of 5203151003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Abstrak.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of 5203151003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Daftar_Isi.pdf
Download (360kB)
![[thumbnail of 5203151003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Daftar_Tabel.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 5203151003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Daftar_Gambar.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 5203151003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of 5203151003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_BAB_I.pdf
Download (507kB)
![[thumbnail of 5203151003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5203151003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5203151003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 5203151003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_BAB_V.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of 5203151003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (292kB)
![[thumbnail of 5203151003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203151003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pendidikan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kemajuan bangsa. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah kecenderungan siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media konvensional seperti buku ajar. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam media pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa dan mempermudah penyampaian materi, terutama dalam mata pelajaran yang bersifat teknis seperti Informatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Android yang mendukung model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning atau PjBL) pada mata pelajaran Informatika di SMKN 13 Medan, khususnya pada elemen materi algoritma dan pemrograman. Media pembelajaran berbasis teknologi menjadi solusi dalam mengatasi kejenuhan siswa terhadap media konvensional. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Android untuk mendukung model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) pada mata pelajaran Informatika di kelas X TKJ 1 SMKN 13 Medan. Proses pengembangan media pembelajaran ini mengikuti model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat layak digunakan dengan skor rata-rata penilaian 93,5 dari ahli materi dan 91,5 dari ahli media, yang termasuk dalam kategori "sangat layak". Selain itu, hasil uji akseptabilitas terhadap siswa menunjukkan bahwa aplikasi ini diterima dengan sangat baik, dengan skor rata-rata 49,34 yang juga termasuk dalam kategori "sangat layak". Hal ini menunjukkan bahwa siswa merasa tertarik dan antusias untuk menggunakan aplikasi ini sebagai media pembelajaran alternatif, yang lebih menarik dan interaktif dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional. Hasil evaluasi oleh ahli materi dan media menunjukkan aplikasi ini "sangat layak" dengan skor rata-rata masing masing 93,5 dan 91,5. Uji akseptabilitas siswa juga menunjukkan hasil "sangat layak" dengan skor rata-rata 49,34, yang mengindikasikan aplikasi ini diterima dengan baik oleh pengguna. Aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi kejenuhan siswa dan mempermudah mereka dalam mengikuti pembelajaran di kelas maupun saat belajar secara mandiri di luar kelas sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Project Based Learning; React Native Expo; Aplikasi Android |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:04 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64104 |