Maulana, Muhammad Rizky (2024) Pengaruh Penggunaan Roller Racing Terhadap Performa Pada Sepeda Motor Beat FI 110 CC. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5201122004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Cover.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 5201122004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (941kB)
![[thumbnail of 5201122004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Kata_Pengantar.pdf
Download (756kB)
![[thumbnail of 5201122004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Abstrak.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of 5201122004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Daftar_Isi.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 5201122004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Daftar_Tabel.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of 5201122004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Daftar_Gambar.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 5201122004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of 5201122004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_BAB_I.pdf
Download (380kB)
![[thumbnail of 5201122004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (927kB)
![[thumbnail of 5201122004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (714kB)
![[thumbnail of 5201122004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5201122004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_BAB_V.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of 5201122004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (242kB)
![[thumbnail of 5201122004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Industri otomotif mengalami perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat. Sepeda motor matic merupakan transmisi yang mampu merubah rasio gigi efektif secara halus atau tanpa jeda sehingga sering disebut transmisi tanpa gigi. Gaya tekan roller sentrifugal dipengaruhi oleh berat roller dan putaran mesin itu sendiri, semakin berat rollernya semakin besar pula gaya untuk mendorong movable drive face pada drive pulley yang mengakibatkan diameter puli mengecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan daya dan torsi yang dihasilkan dari perbandingan berat roller standar dengan roller racing pada sepeda motor Honda Beat FI 110 CC. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen atau pengujian dengan bantuan alat dynotest. Hasil penelitian pengaruh berat roller racing yang menghasilkan daya maksimal power pada putaran 7000 rpm dengan daya 7,61 Hp menggunakan roller 15 gram. Pada roller 13 gram maksimal power dihasilkan pada 6000 rpm dengan daya 7,84 Hp. Sedangkan pada roller 12 gram menghasilkan power maksimal pada putaran 6000 rpm dengan daya 7,92 Hp. Torsi yang dihasilkan pada roller 15 gram menghasilkan maksimal torsi pada putaran 5000 rpm dengan hasil torsi 8,89 Nm. Pada roller 13 gram juga menghasilkan maksimal torsi pada 5000 rpm dengan hasil torsi 9,41 Nm. Sedangkan pada roller 12 gram torsi yang dihasilkan pada putaran 5000 rpm dengan hasil torsi 9,59 Nm. Kecepatan yang dihasilkan pada roller 15 gram menghasilkan maksimal top speed pada waktu 9 detik menghasilkan kecepatan 98,61 Km/h. Pada roller 13 gram maksimal kecepatan di waktu 9 detik menghasilkan maksimal pada kecepatan 100,06 Km/h. Sedangkan roller 12 gram menghasilkan kecepatan maksimal pada waktu 10 detik dengan kecepatan 99,77 Km/h. Dengan mengganti berat roller 15 gram dengan berat roller yang lebih ringan atau roller 12 gram (racing) mempengaruhi power, torsi maupun speed pada sepeda motor Honda Beat Fi 110 CC. Power, torsi, dan kecepatan dari sepeda motor jauh lebih baik dan lebih mendominasi dengan menggunakan berat roller 12 gram (racing).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Roller; Power; Torsi; Kecepatan |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64087 |