Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Sebagai Pendukung Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Luas Di SMK Muhammadiyah 04 Medan

Rengganis, Yuslita (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Sebagai Pendukung Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Luas Di SMK Muhammadiyah 04 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5203351006_Cover.pdf] Text
5203351006_Cover.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 5203351006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5203351006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 5203351006_Kata_Pengantar.pdf] Text
5203351006_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 5203351006_Abstrak.pdf] Text
5203351006_Abstrak.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 5203351006_Daftar_Isi.pdf] Text
5203351006_Daftar_Isi.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5203351006_Daftar_Tabel.pdf] Text
5203351006_Daftar_Tabel.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 5203351006_Daftar_Gambar.pdf] Text
5203351006_Daftar_Gambar.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 5203351006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5203351006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 5203351006_BAB_I.pdf] Text
5203351006_BAB_I.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 5203351006_BAB_II.pdf] Text
5203351006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203351006_BAB_III.pdf] Text
5203351006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203351006_BAB_IV.pdf] Text
5203351006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203351006_BAB_V.pdf] Text
5203351006_BAB_V.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 5203351006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203351006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 5203351006_Lampiran.pdf] Text
5203351006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum merupakan aspek penting dalam perkembangan pendidikan di Indonesia untuk mencapai keberhasilan belajar siswa guru merancang materi pembelajaran yang mengacu kepada kurikulum mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Perkembangan teknologi saat ini dapat digunakan untuk membantu para guru dalam menyampaikan kurikulum lebih maksimal dalam proses mengajar. Berdasarkan hasil observasi, dalam kegiatan belajar didapati perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran berupa buku peserta didik, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), PROTA, PROSEM. Hal ini menjadi perhatian peneliti mengingat sekolah SMK Muhammadiyah 04 Medan memiliki potensi yang cukup baik dalam fasilitas seperti komputer, wifi, dan tenaga pengajar yang paham dalam teknologi. Dengan potensi yang ada maka peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile dengan metode problem based learning yang merupakan teknik mengajar dengan memberikan sebuah contoh masalah yang harus diselesaikan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile dengan metode problem based learning untuk mengetahui spesifikasi hasil pengembangan media, mengetahui kelayakan media serta untuk mengetahui akseptabilitas dan efektivitas.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan menggunakan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pengujian terhadap media pembelajaran yang dikembangkan meliputi pengujian kelayakan materi dan media serta kebergunaan media dan keefektivan.
Berdasarkan hasil uji kelayakan pada materi dan media oleh para ahli, media pembelajaran mobile dinyatakaan layak untuk digunakan oleh peserta didik sebagai media pembelajaran dengan memperoleh nilai 4,67 untuk uji kelayakan materi dan 3,61 untuk uji kelayakan media dan untuk hasil pengujian akseptansi oleh peserta didik menghasilkan nil ai 4,61 yang dikategorikan dengan akseptansi sangat tinggi.Pengujian efektiv dilakukan dengan membagi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk melakukan pengujian posttest dan pretest dengan menggunakan uji T dengan nilai Thitung 4,174 dan Ttabel 1,753 memperoleh perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian kelayakan dan efektivitas media pembelajaran mobile yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile layak dan efektiv digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mobile Learning, Media Pembelajaran, Problem Based Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4150 Computer network resources
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:03
Last Modified: 21 Jul 2025 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64068

Actions (login required)

View Item
View Item