Sitorus, Hammuda (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Meteri Sistem Kopling di Kelas XI TKRO SMK Negeri 1 Air Putih. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5213322011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Cover.pdf
Download (104kB)
![[thumbnail of 5213322011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (770kB)
![[thumbnail of 5213322011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Kata_Pengantar.pdf
Download (285kB)
![[thumbnail of 5213322011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Abstrak.pdf
Download (321kB)
![[thumbnail of 5213322011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Daftar_Isi.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 5213322011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Daftar_Tabel.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of 5213322011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Daftar_Gambar.pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of 5213322011_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 5213322011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 5213322011_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 5213322011_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5213322011_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 5213322011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_BAB_V.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of 5213322011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (423kB)
![[thumbnail of 5213322011_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5213322011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan (PSPTKR), siswa menghadapi berbagai permasalahan, seperti rendahnya minat belajar, kurangnya pemahaman materi, dan hasil belajar yang belum memadai. Hal ini disebabkan metode pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru, dengan media papan tulis dan penggunaan LCD proyektor yang terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL) yang layak dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Air Putih dengan melibatkan siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) 1 sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan. Penilaian ahli media, desain pembelajaran, dan materi masing masing memperoleh nilai rata-rata 0,97; 0,93; dan 0,95, dengan kategori “Valid”. Uji coba one-to-one menghasilkan nilai rata-rata 58,67 (Valid), uji coba kelompok kecil 58,56 (Sangat Layak), dan uji coba kelompok besar 58,88 (Valid). Secara keseluruhan, nilai kelayakan rata-rata adalah 29,83 (Valid). Dari segi efektivitas, nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 35,74 pada pre-test menjadi 89,66 pada post-test, dengan peningkatan sebesar 53,91. Nilai N-Gain sebesar 0,84 menunjukkan kategori tinggi, dan efektivitas mencapai 84,05% (Efektif). Berdasarkan temuan ini, media pembelajaran interaktif berbasis Canva dengan pendekatan PjBL dinyatakan sangat layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PSPTKR di kelas XI TKRO SMK Negeri 1 Air Putih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran interaktif; Canva; Project Based Learning (PjBL); Kelayakan; Efektivitas |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:49 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64065 |