Sihotang, Ryzal Erikson (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Devisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Swasta PAB 1 Helvetia Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5202421005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Cover.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 5202421005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 5202421005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Kata_Pengantar.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 5202421005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Abstrak.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of 5202421005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Daftar_Isi.pdf
Download (361kB)
![[thumbnail of 5202421005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Daftar_Tabel.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of 5202421005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Daftar_Gambar.pdf
Download (362kB)
![[thumbnail of 5202421005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (390kB)
![[thumbnail of 5202421005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_BAB_I.pdf
Download (701kB)
![[thumbnail of 5202421005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5202421005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5202421005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5202421005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_BAB_V.pdf
Download (487kB)
![[thumbnail of 5202421005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (360kB)
![[thumbnail of 5202421005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202421005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur yang masih dapat ditingkatkan, namun sulit dicapai karena kurangnya variasi strategi ajar yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa serta membandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ekspositori) dengan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur di kelas XI Teknik Pemesinan SMK Swasta PAB 1 Helvetia Tahun Ajaran 2024/2025 Semester Ganjil. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode one group pre-test post-test. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Swasta PAB 1 Helvetia dengan sampel 68 siswa. Sampel terbagi menjadi 34 siswa kelas XI Teknik Pemesinan 2 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan 34 siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1 sebagai kelas kontrol yang tetap diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ekspositori). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis untuk mendapatkan simpulan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata skor kelas eksperimen sebesar 73,17, sedangkan kelas kontrol sebesar 70. Uji normalitas dan homogenitas mengonfirmasi bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan perbedaan signifikan, dengan nilai thitung pre-test (2,0345) dan post-test (3,9733) lebih besar dari ttabel (1,9965). Hasil ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa yang awalnya diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ekspositori) berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur. Dengan demikian, model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | STAD; Ekpositori; Gambar Teknik Manufaktur |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:44 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64032 |