PENGGUNAAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X DI SMA N 14 MEDAN

Siregar, Elferina Y (2024) PENGGUNAAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X DI SMA N 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411021_Cover.pdf] Text
2202411021_Cover.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 2202411021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411021_Abstrak.pdf] Text
2202411021_Abstrak.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 2202411021_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411021_Kata_Pengantar.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 2202411021_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411021_Daftar_Isi.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 2202411021_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411021_Daftar_Tabel.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 2202411021_Daftar_Gambar.pdf] Text
2202411021_Daftar_Gambar.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 2202411021_BAB_I.pdf] Text
2202411021_BAB_I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 2202411021_BAB_II.pdf] Text
2202411021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of 2202411021_BAB_III.pdf] Text
2202411021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of 2202411021_BAB_IV.pdf] Text
2202411021_BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411021_BAB_V.pdf] Text
2202411021_BAB_V.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 2202411021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 2202411021_Lampiran.pdf] Text
2202411021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan prinsip kesantunan berbahasa dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMA N 14 MEDAN. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 14
Medan yang berjumlah 360 siswa dan terdiri dari sepuluh kelas. Sampel diambil dengan cara simple random sampling yaitu kelas X-1 yang terdiri dari 36 orang dan X-2 berjumlah 36 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
kualitatif dengan metode deskriptif untuk menganalisis data. Adapun hasil penelitian ini yaitu berdasarkan indikator kesantunan didapat kategori santun sebanyak 95 data, sangat santun sebanyak 44 data, tidak santun sebanyak 35 data,
dan sangat tidak santun sebanyak 15 data maka total 195 data. Kemudian data yang diperoleh mendapat persentase tingkat kesantunan berbahasa menggunakan rumus Ks =   × 100%, Masing-masing data tersebut telah dipersentasekan
dengan perolehan 51,7 % untuk tuturan Santun, 22,5 % untuk tingkat tuturan sangat santun, 17,9 % untuk tingkat tuturan tidak santun dan 7,6% untuk tingkat tuturan sangat tidak santun. Data yang telah diperoleh tersebut dapat merujuk
pada kesimpulan bahwa tingkat kesantunan siswa kelas X SMA Negeri 14 MEDAN pada topik pertemuan resmi PBM dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tergolong santun dengan jumlah perolehan 51,7 %. Perolehan tersebut menunjukkan bahwa tuturan siswa dalam bertindak tutur dalam konteks
pembelajaran bahasa Indonesia dikelas tergolong santun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Prinsip Kesantunan; Berbahasa; Konteks Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:01
Last Modified: 21 Jul 2025 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64011

Actions (login required)

View Item
View Item