Juliliharti (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081211910005 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
081211910005 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
081211910005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
081211910005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
081211910005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
081211910005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
081211910005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
081211910005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
081211910005 BAB I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
081211910005 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
081211910005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101765 Bandar Setia, dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam memahami materi masalah sosial dan upaya meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran kostruktivisme.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang pada tahun ajaran 2011/2012. Dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil pengamatanterhadap kelas yang akan diteliti dan berdasarkan hasil rujukan dari guru kelas.objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya peningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 30 orang siswa pada kondisi awal yang belum ada (0%) siswa memperoleh kriteria aktivitas sangat baik, ada 3 orang siswa (10%) orang siwa yang memperoleh kriteria baik, 7 orang siswa (23,33%) memperoleh kriteria cukup, 9 orang siswa (30,00%) (66,66%) memperoleh kriteria kurang,11 orang siswa (36,66%). Pada Siklus I terdapat 8 orang siswa memperoleh kriteria sangat baik (26,66%), 15 orang siswamemperoleh kriteria baik (50%), 7 orang siswa memperoleh kriteria cukup(23,33%). Pada siklus II terdapat 14 orang siswa (46,66%) memperoleh kriteria sangat baik, 14 orang siswa (46,66%) memperoleh kriteria baik, 2 orang siswa (6,66%) memperoleh kriteria cukup, dan tidak ada siswa (0%) yang memperoleh kriteria kurang.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar pada pelajaran IPS materi masalah sosial di kelas IV SD Negeri No. 101765 Bandar Setia T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Jul m |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Pembelajaran Konstruktivisme; Pelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6401 |