Pengaruh Kemampuan Membaca Gambar Teknik Manufaktur Terhadap Kompetensi Praktek Pemesinan Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Swasta PAB 1 Helvetia Tahun Ajaran 2024/2025

Ginting, Brian Hernando (2025) Pengaruh Kemampuan Membaca Gambar Teknik Manufaktur Terhadap Kompetensi Praktek Pemesinan Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Swasta PAB 1 Helvetia Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5202421002_Cover.pdf] Text
5202421002_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 5202421002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5202421002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5202421002_Kata_Pengantar.pdf] Text
5202421002_Kata_Pengantar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 5202421002_Abstrak.pdf] Text
5202421002_Abstrak.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 5202421002_Daftar_Isi.pdf] Text
5202421002_Daftar_Isi.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 5202421002_Daftar_Tabel.pdf] Text
5202421002_Daftar_Tabel.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 5202421002_Daftar_Gambar.pdf] Text
5202421002_Daftar_Gambar.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 5202421002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5202421002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 5202421002_BAB_I.pdf] Text
5202421002_BAB_I.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 5202421002_BAB_II.pdf] Text
5202421002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[thumbnail of 5202421002_BAB_III.pdf] Text
5202421002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[thumbnail of 5202421002_BAB_IV.pdf] Text
5202421002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[thumbnail of 5202421002_BAB_V.pdf] Text
5202421002_BAB_V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 5202421002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5202421002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 5202421002_Lampiran.pdf] Text
5202421002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan membaca gambar teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Swasta PAB 1 Helvetia. 2) hasil belajar kompetensi praktek pemesinan kelompok siswa yang memiliki kemampuan membaca gambar teknik tinggi dan kelompok siswa yang memiliki kemampuan kemampuan membaca gambar teknik rendah. 3) pengaruh Kemampuan Membaca gambar teknik Terhadap Kompetensi Praktek Pemesinan Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Swasta PAB 1 Helvetia.. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Lokasi penelitian di SMK Swasta PAB 1 Helvetia T.A 2024/2025. Waktu penelitian bulan November 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan dengan jumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu secara total sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X Teknik Pemesinan sejumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan kemampuan membaca gambar teknik manufaktur termasuk kategori cenderung cukup sebesar 58 persen, Tingkat kecenderungan kompetensi praktek pemesinan pada hasil kemampuan membaca gambar teknik manufaktur tinggi dan rendah termasuk kategori cenderung cukup yaitu masing-masing sebesar 42 persen dan 71 persen, Hasil analisis uji-t menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kemampuan membaca gambar teknik manufaktur terhadap hasil kompetensi praktek pemesinan di SMK Swasta PAB 1 Helvetia, dengan nilai thitung > ttabel (9,8303> 2,0129) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya kemampuan membaca gambar teknik manufaktur dapat mempengaruhi hasil kompetensi praktek pemesinan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Gambar Teknik Manufaktur; Praktek Pemesinan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:54
Last Modified: 18 Jul 2025 09:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64000

Actions (login required)

View Item
View Item