Aisyah, Siti (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN METODE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SDN.066431 MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313326 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
108313326 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313326 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313326 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313326 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313326 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313326 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313326 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313326 BAB I.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313326 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313326 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa dengan menerapkan metode think pair share pada materi aktivitas ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri no. 066431 Jalan Parkit Raya Satu Kecamatan Medan Denai Tahun Ajaran 2011/2012.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 20 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan metode think pair share dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda buatan guru dan peneliti yang diambil dari buku paket serta lembar observasi untuk merekam peningkatan hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung pada saat diterapkan metode pembelajaran think pair share.Dari hasil observasi dan tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan siswa mencapai 35% atau hanya 5 orang yang tuntas dalam belajar dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 95% (19 orang yang tuntas dalam belajar) atau mengalami peningkatan sebesar 60%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan skor rata-rata 40,50 sedangkan pada saat tes siklus I skor rata-rata siswa menjadi 59,50 atau terjadi peningkatan sekitar 19 poin. Dan pada tes siklus II skor rata-rata siswa menjadi 86,00 atau mengalami peningkatan sekitar 26,5 poin dari siklus I. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama kegiatan pembelajaran baik, terlihat dari hasil observasi yang mereka tunjukkan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Pada siklus I diperoleh rata-rata hasil pengamatan aktivitas guru sebesar 48,21 dan rata-rata hasil pengamatan siswa sebesar 21,15. Dan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,57 dan hasil pengamatan siswa sebesar 84,61. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode think pair share pada materi aktivitas ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ais m |
Keywords: | Hasil Belajar siswa; IPS; Metode Think Pair Share |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6400 |