Nasution, Islamyah (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DI KELAS IV SD IT NUR IHSAN SMEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311028 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
1104311028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
1104311028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
1104311028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
1104311028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1104311028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1104311028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1104311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311028 BAB I.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
1104311028 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
1104311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, kurangnya pemahaman siswa pada materi yang diajarakan, model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, serta kemampuan guru mengelola kelas tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya dalam pelajaran matematika pada materi keliling dan luas segitiga dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Nur Ihsan Medan yang berjumlah 25 orang dengan jumlah siswa laki-laki 11 orang dan jumlah siswa perempuan 14 orang. Penelitian ini dilakukan untuk bidang studi matematika tentang “Keliling dan Luas Segitiga”. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD IT Nur Ihsan Medan. Berdasarkan analisis hasil observasi tingkat motivasi belajar siswa dapat dijelaskan bahwa dari 25 orang siswa pada siklus I pertemuan 1 terdapat motivasi siswa yang rendah, sedang dan tinggi. Dari 25 orang siswa di atas ada sebanyak 19 orang siswa (76%) yang tergolong kriteria motivasi rendah, 3 orang siswa (12%) yang tergolong kriteria motivasi sedang, 3 orang siswa (12 %) yang tergolong kriteria motivasi tinggi. Pada siklus I pertemuan 2 ada sebanyak 12 orang siswa (48%) yang tergolong kriteria motivasi rendah, 9 orang siswa (36%) yang tergolong kriteria motivasi sedang, 4 orang siswa (16%) yang tergolong kriteria motivasi tinggi. Pada siklus II pertemuan 1 ada sebanyak 3 orang siswa (12 %) yang tergolong kriteria motivasi rendah, 11 orang siswa (44%) yang tergolong kriteria motivasi sedang, 11 orang siswa (43%) yang tergolong kriteria motivasi tinggi. Pada siklus II pertemuan 2 ada sebanyak 2 orang siswa (8%) yang tergolong kriteria motivasi sedang, 23 orang siswa (92%) yang tergolong kriteria motivasi tinggi.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika khususnya pada materi Keliling dan Luas Segitiga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nas m |
Keywords: | Motivasi; Belajar; Pelajaran; Model |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6395 |