Nurhalimah (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA PATA PELAJARAN PKN DI KELAS VB SD NEGERI NO. 104272 UJUNG RAMBUNG KEC.PANTAI CERMIN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113050 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108113050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
108113050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108113050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
108113050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108113050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108113050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108113050 BAB I.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108113050 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108113050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah siswa merasa bosan karena guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dan kurang memberikan motivasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada materi menerima hasil keputusan bersama di kelas VB SD Negeri No. 104272 Ujung Rambung Kec. Pantai Cermin Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dengan sasaran utama bertujuan untuk mengetahui sejauh mana motivasi belajar siswa pada materi menerima hasil keputusan bersama kelas VB SD Negeri No. 104272 Ujung Rambung Kec. Pantai Cermin Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104272 Ujung Rambung Kec. Pantai Cermin, yang diteliti yaitu siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa, 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 30 orang siswa pada kondisi awal yang belum ada (0%) siswa memperoleh kriteria motivasi sangat baik, ada 3 orang siswa (10%) orang siwa yang memperoleh kriteria baik, 7 orang siswa (23,33%) memperoleh kriteria cukup dan 20 orang siswa (66,66%) memperoleh kriteria kurang. Pada Siklus I terdapat 6 orang siswa (20%) memperoleh kriteria sangat baik, 11 orang siswa (36,66%) memperoleh kriteria baik, 9 orang siswa (30%) memperoleh kriteria cukup dan 4 orang siswa (13,33%) memperoleh kriteria kurang. Pada siklus II terdapat 9 orang siswa (30%) memperoleh kriteria sangat baik, 15 orang siswa (50%) memperoleh kriteria baik, 6 orang siswa (20%) memperoleh kriteria cukup, dan tidak ada siswa (0%) yang memperoleh kriteria kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar pada pelajaran PKn materi menerima hasil keputusan bersama di kelas VB SD Negeri No. 104272 Ujung Rambung Kec. Pantai Cermin Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nur m |
Keywords: | Motivasi;Pembelajaran;PPKn;Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6393 |