Harahap, Elnora (2012) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI POKOK PUISI DI KELAS V SD NEGERI 064978 MEDAN MANUNGGAL TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313085 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
108313085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108313085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313085 BAB I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
108313085 BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
108313085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahya minat belajar siswa kelas V SD Negeri 064978 Medan Manunggal TA 2011/2012 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pokok Puisi. Rendahnya minat belajar siswa disebabkan oleh keseriusan siswa dalam belajar kurang, siswa sering mengganggu teman sebangkunya dalam proses belajar mengajar, sering membuat keributan didalam kelas dan model pembelajaran yang dibawakan guru kurang menarik perhatian siswa.Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pokok Puisi di Kelas V SD Negeri 064978 Medan Manunggal TA 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064978 Medan Manunggal yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus yakni siklus I dan siklus II, dan terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran puisi. Kemudian diakhir siklus I dan siklus II peneliti melakukan penyabaran angket kepada seluruh siswa kelas V. Berdasarkan analisis data sebelum dilakukan tindakan ditemukan dari 30 orang siswa, yakni 8 orang siswa (26,67%) dengan minat tinggi, 22 orang siswa (73,33%) dengan minat rendah dengan rata-rata 56,3 yang tergolong kategori rendah . Pada siklus I dari 30 orang siswa, dijumpai 1 orang siswa (3,33%) memiliki minat belajar sangat tinggi, 21 orang siswa (70%) dengan minat tinggi dan 8 orang siswa (26,67%) memiliki minat rendah dengan rata-rata 64,4 yang tergolong kategori tinggi. Pada siklus II dari 30 orang siswa, dijumpai 10 orang siswa (33,33%) dengan minat sangat tinggi dan 20 orang siswa (66,67) memiliki minat tinggi dengan dengan rata-rata 78,5 tergolong kategori tinggi.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan minat belajar siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pokok Puisi di Kelas V SD Negeri 064978 Medan Manunggal TA 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Har u |
Keywords: | Minat; Model;Bahasa; Indonesia |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6391 |