Wahyudi, Iwan Tri (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MATERI ENERGI PANAS DI KELAS IV SD NEGERI 027950 BINJAI KOTA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313153 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313153 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
108313153 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313153 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313153 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313153 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313153 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313153 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313153 BAB I.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313153 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313153 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 027950 Binjai Kota pada pelajaran Sains materi energi panas dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 027950 Binjai Kota yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki, sedangkan objek penelitian ini adalah menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi belajar Sains. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan angket yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data motivasi belajar siswa pada pelajaran Sains. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada prasiklus motivasi belajar siswa memiliki dengan perincian dari 30 siswa hanya terdapat 2 siswa (6,66%) sudah memiliki motivasi belajar dan 10 siswa (33%) belum memiliki motivasi belajar dan 18 siswa (60%) belum memiliki motivasi yang sangat rendah. Setelah diberikan pengajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus I 6 orang siswa yang mendapatkan motivasi belajar yang cukup baik (20%) dan 12 orang siswa yang belum memiliki motivasi belajar sangat (80%). Pada siklus II mengalami peningkatan dengan 25 orang siswa memiliki motivasi yang sangat baik (83,33%) dengan perincian 5 orang siswa (16,66%) yang memiliki motivasi baik, sehingga secara keseluruhan kelas tersebut dinyatakan telah tuntas memiliki keterampilan belajar karena telah memenuhi standar minimal 60% dari jumlah keseluruhan siswa yang memiliki motivasi belajar. Berdasarkan hasil deskripsi data penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 027950 Binjai Kota pada pelajaran Sains materi energi panas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Wah u |
Keywords: | Pelajaran Sains; Metode Demonstrasi; Energi Panas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6389 |