Hidayati, Putri (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO.101783 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920256 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
071211920256 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
071211920256 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
071211920256 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
071211920256 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
071211920256 BAB I.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
071211920256 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
071211920256 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan kenyataan yang dilihat oleh peneliti di lapangan hasil belajar siswa masih rendah dan mengalami kesulitan dalam menguasai mata pelajaran IPA. Khususnya pada materi sifat banda dan perubahan wujud benda. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan guru kurang menggunakan model-model pelajaran yang dapat memberikan motifasi belajar pada siswa sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran, siswa lebih mengandalkan guru dengan cara mendengarkan dan mengerjakan tugas. Tanpa adanya upaya yang dilakukan siswa untuk belajar sendiri dalam menguasai pelajaran, sehingga rasa ingin tahu siswa dalam menguasai materi masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan model inkuiri di kelas IV SD.Waktu penelitian ini di lakukan selama dua bulan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Desain penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan evaluasi/tes 10 soal berbentuk tes pilihan berganda.Sebelum dilakukan siklus I, peneliti melakukan pre tes untuk melihat letak kesulitan siswa dalam mempelajari materi sifat-sifat benda dan perubahan wujud benda. Dari pre tes di lanjutkan ke siklus I dengan memberikan pos tes I selanjutnya di lakukan siklus II dengan memberikan pos tes II untuk melihat hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari pre tes yang diberikan kepada siswa diperoleh nilai rata-rata adalah 35,33 dengan perincian dari 30 siswa bahwa 2 siswa (6,67%) sudah tuntas belajar dan 28 siswa (93,33%) belum tuntas belajar. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 58,33 dengan perincian dari 30 siswa bahwa 19 siswa (63,33%) sudah tuntas dan 11 siswa (36,67%) belum tuntas belajar. Siklus II diperoleh nilai rata-rata 81 dengan perincian dari 30 siswa bahwa 29 siswa (96,67%) sudah tuntas belajar dan 1 siswa (3,33%) belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan pokok bahasan benda dan perubahan wujud benda di kelas IV SD Negeri No.101783 Kec. Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Hid m |
Keywords: | Penerapan; Pembelajaran; Model; IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6388 |