Siregar, Yulita Silviani (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA PLUS AL-HIRA’ PERMATA NADIAH MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109811160 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
109811160 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
109811160 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109811160 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
109811160 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
109811160 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
109811160 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
109811160 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
109811160 BAB I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
109811160 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
109811160 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains. Hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan atau aktivitas siswa dalam belajar sains dan guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam mengajarkan sains. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa pada materi sifat benda di kelas IV SD Swasta Plus Al-Hira’ Permata Nadiah Medan T.A. 2012/2013.Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus dan masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini siswa siswa kelas IV SD Swasta Plus Al-Hira’ Permata Nadiah Medan tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 1 kelas yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar format observasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil pretes diperoleh rata-rata sebesar 32,9 dan dari 19 orang siswa seluruhnya masih dinyatakan belum tuntas karena memperoleh nilai kurang dari 70 ( KKM mata pelajaran sains di SD Swasta Plus Al- Hira” Permata Nadiah) atau persentase ketuntasan klasikal hanya 0%. Setelah melakukan perbaikan pengajaran pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 64,5 yaitu 8 orang (42,11%) dinyatakan tuntas belajar sedangkan 11 orang (57,89%) dinyatakan belum tuntas belajar dan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,131 > 1,73 atau ada peningkatan hasil belajar siswa setelah siklus I dibandingkan sebelum tindakan (prasiklus). Kemudian dilakukan kembali perbaikan pada siklus II dan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 83,4 yaitu dari 19 siswa seluruhnya atau 100% dinyatakan telah tuntas sehingga secara klasikal para siswa dinyatakan telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,978 > 1,73 yang berarti ada peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan siklus II dibandingkan tindakan siklus I.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi sifat benda di kelas IV SD Swasta Plus Al-Hira’ Permata Nadiah Medan T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sia m |
Keywords: | Belajar; Sains; Metode; Demonstrasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6387 |