Lumbantoruan, Yanri (2024) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Hasil Belajar Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan Siswa DPIB Kelas XI SMK N 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5202411003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Cover.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of 5202411003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (303kB)
![[thumbnail of 5202411003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Kata_Pengantar.pdf
Download (215kB)
![[thumbnail of 5202411003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Abstrak.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 5202411003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Daftar_Isi.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of 5202411003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Daftar_Tabel.pdf
Download (69kB)
![[thumbnail of 5202411003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 5202411003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 5202411003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_BAB_I.pdf
Download (527kB)
![[thumbnail of 5202411003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (823kB)
![[thumbnail of 5202411003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (881kB)
![[thumbnail of 5202411003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (921kB)
![[thumbnail of 5202411003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_BAB_V.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 5202411003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of 5202411003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202411003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Project based learning berbantuan Artificial Intelligence memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Rencana biaya dan penjadwalan konstruksi bangunan pada siswa DPIB kelas XI SMK Negeri 5 Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas XI DPIB 1 sebagai kelas perlakuan model Pembelajaran Project based learning berbantuan Artificial Intelligence berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen merupakan desain pre-test, pembelajaran dan post- test. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Rencana biaya dan penjadwalan konstruksi bangunan dari 30 butir soal yang diujicobakan diperoleh 21 butir soal yang valid dengan koefisien reabilitas 0,96 termaksud dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan persamaan regresi linear sederhana mempunyai angka konstan sebesar 31.931 artinya bahwa jika tidak ada project based learning berbantuan Artificial Intelligence (AI) atau (X) maka nilai hasil belajar (Y) adalah 31.931 dan nilai koefisien regresi linier sebesar 0.654 artinya bahwa setiap penambahan 1% project based learning berbantuan Artificial Intelligence (AI) atau (X) , maka Hasil belajar (Y) akan meningkat sebesar 0.654. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,662 atau sama dengan 66,2% . Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel project based learning berbantuan Artificial Intelligence (AI) berpengaruh terhadap variabel Hasil belajar sebesar 66,2%. Sedangkan sisanya (100% - 66,2% = 33,8%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Project based learning berbantuan Artificial Intelligence memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rencana biaya dan penjadwalan konstruksi bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Project Based Learning; Artificial Intelligence; Hasil Belajar; Rencana biaya dan penjadwalan konstruksi bangunan |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:00 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63857 |