Arum, Lanila Suci Dwi (2025) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Konstruksi Gedung dan Sanitasi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5183111016_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Cover.pdf
Download (215kB)
![[thumbnail of 5183111016_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (539kB)
![[thumbnail of 5183111016_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Kata_Pengantar.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of 5183111016_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Abstrak.pdf
Download (205kB)
![[thumbnail of 5183111016_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Daftar_Isi.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 5183111016_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Daftar_Tabel.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of 5183111016_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Daftar_Gambar.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of 5183111016_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 5183111016_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_BAB_I.pdf
Download (569kB)
![[thumbnail of 5183111016_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (823kB)
![[thumbnail of 5183111016_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5183111016_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (784kB)
![[thumbnail of 5183111016_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_BAB_V.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of 5183111016_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of 5183111016_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183111016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan menerapkan model pembelajaran yang yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran konstruksi gedung dan sanitasi pada materi gambar instalasi air bersih di kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 36 siswa. Prosedur tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dari 2 pertemuan. Setiap siklus memiliki tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa. Hasil uji coba instrument penelitian dari 30 butir soal siklus I terdapat 26 butir soal valid, uji reliabilitas tes didapat 0,893 (sangat tinggi), uji tingkat kesukaran tes didapat 17 butir soal dengan kriteria sedang dan 9 butir soal dengan kriteria mudah, uji daya pembeda tes didapat 11 butir soal dengan kategori baik, 13 butir soal dengan kategori cukup dan 2 butir soal dengan kategori jelek. Pada siklus II dari 30 butir soal terdapat 27 butir soal valid, uji reliabilitas tes didapat 0,856 (sangat tinggi), uji tingkat kesukaran tes didapat 14 butir soal dengan kriteria sedang dan13 butir soal dengan kriteria mudah, uji daya pembeda tes didapat 9 butir soal dengan kategori baik, 14 butir soal dengan kategori cukup dan 4 butir soal dengan kategori jelek. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan nilai hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 63 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan dan terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67,5 dengan persentase kelulusan 68,75% meningkat pada siklus II menjadi 79 dengan persentse kelulusan 100%. Hasil uji t menunjukkan terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar yaitu dengan diperolehnya t hitung 8,118651 > t tabel 2,03951 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Konstruksi Gedung dan Sanitasi kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Numbered Heads Together; Hasil Belajar; SMK |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:36 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63827 |