Gultom, Anisa (2024) PENGEMBANGAN MATERI AJAR CERITA FANTASI BERBANTUAN KOMIK DIGITAL PADA SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203311011_Cover.pdf
Download (330kB)
2203311011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (946kB)
2203311011_Abstrak.pdf
Download (440kB)
2203311011_Kata_Pengantar.pdf
Download (620kB)
2203311011_Daftar_Isi.pdf
Download (601kB)
2203311011_Daftar_Tabel.pdf
Download (440kB)
2203311011_Daftar_Gambar.pdf
Download (540kB)
2203311011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (439kB)
2203311011_BAB_I.pdf
Download (762kB)
2203311011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203311011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203311011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
2203311011_BAB_V.pdf
Download (568kB)
2203311011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (627kB)
2203311011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui analisis kebutuhan yang dilakukan pada subjek penelitian, (2) mengetahui proses ataupun tahapan yang dilakukan
dalam mendesain konsep produk materi ajar cerita fantasi berbantuan komik digital pada siswa kelas VII, (3) mengetahui kelayakan produk materi ajar cerita fantasi
berbantuan komik digital pada siswa kelas VII. Pengembangan materi ajar cerita fantasi berbantuan komik digital menggunakan model ADDIE yang dibatasi dengan hanya melalui tahap analisis, perancangan, dan pengembangan. Tahap validasi melibatkan dosen ahli materi, dosen ahli media, dan guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Instrumen penelitian berupa
lembar angket validasi ahli materi dan ahli media menggunakan perhitungan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa produk dari materi ajar cerita fantasi berbantuan komik digital pada siswa kelas VII mendapatkan kriteria “Sangat Baik” dengan rata-rata 94,88%, dengan hasil dari ahli materi sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Baik”, hasil dari ahli media sebesar 94,66% dengan kriteria “Sangat Baik”. Serta guru bahasa Indonesia 94% dengan kriteria “Sangat Baik”. Maka dari itu dapat
disimpulkan bahwa materi ajar cerita fantasi berbantuan komik digital pada siswa kelas VII layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Materi Ajar,; Cerita Fantasi; Komik Digital |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:33 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:33 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63781 |
