UNSPECIFIED (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) DI KELAS V SD NEGERI 101777 SAENTIS TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313336 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
108313336 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313336 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
108313336 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
108313336 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108313336 BAB I.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
108313336 BAB V.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
108313336 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
Abstract
Aktivitas belajar siswa di SD Negeri 101777 Saentis masih tergolong rendah, hal ini tampak dari kurang aktifnya siswa menanggapi materi pelajaran, siswa kurang berani dalam mengajukan pertanyaan. Dalam mengajarkan IPA guru kurang memperhatikan model pembelajaran yang digunakan sehingga kurang menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta dengan menggunakan model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) di kelas V SD Negeri 101777 Saentis tahun pelajaran 2011/2012. Guru merupakan faktor penting mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Secara metodologis, metode pengajaran yang diterapkan guru, besar pengaruhnya dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa merupakan hal yang sangat penting selama proses pembelajaran berlangsung. Tanpa adanya aktivitas siswa maka tujuan pembelajaran tidak akan dapat tercapai dengan baikPenenlitan ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 35 siswa. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa selama pembelajaran di kelas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif.Hasil temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas. Peningkatan aktivitas siswa dapat diketahui melalui hasil penelitian siklus I dan siklus II. Adapun peningkatan aktivitas yaitu aktivitas visual peningkatan sebesar 34,29%, aktivitas lisan sebesar 20,00%, aktivitas mendengarkan 17,14%, aktivitas menulis 11,43, aktivitas fisik 34,29, aktivitas mental 22,86, dan aktivitas emosi mengalami peningkatan sebesar 34,29%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model STM (Sains Teknologi Masyarakat) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi peristiwa alam semesta di kelas V SD Negeri 101777 Saentis tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ria u |
Keywords: | Belajar;Teknologi; Model;Aktivitas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6378 |