Pengaruh Model Pembelajaran Game-Based Learning (GBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Seni Tari Di SDN 106164 Sambirejo Timur.

Siregar, Rizky Zulayha (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Game-Based Learning (GBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Seni Tari Di SDN 106164 Sambirejo Timur. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1212311005_Cover.pdf] Text
1212311005_Cover.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1212311005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1212311005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 1212311005_Kata_Pengantar.pdf] Text
1212311005_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1212311005_Abstrak.pdf] Text
1212311005_Abstrak.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1212311005_Daftar_Isi.pdf] Text
1212311005_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1212311005_Daftar_Tabel.pdf] Text
1212311005_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1212311005_Daftar_Gambar.pdf] Text
1212311005_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1212311005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1212311005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1212311005_BAB_I.pdf] Text
1212311005_BAB_I.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 1212311005_BAB_II.pdf] Text
1212311005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1212311005_BAB_III.pdf] Text
1212311005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[thumbnail of 1212311005_BAB_IV.pdf] Text
1212311005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[thumbnail of 1212311005_BAB_V.pdf] Text
1212311005_BAB_V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1212311005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1212311005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 1212311005_Lampiran.pdf] Text
1212311005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Model Pembelajaran
Game-Based Learning (GBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas
V Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Seni Tari Di SDN 106164 Sambirejo
Timur. Jenis penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Model yang
digunakan adalah Pre-Eksperiment Design dengan desain penelitian One Group
Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan pada penilitian kali ini
sebanyak 26 orang siswa kelas V di SD Negeri 106164 Sambirejo Timur, Desa
Sambirejo Timur, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang. Teknik sampling
yang digunakan adalah teknik sampling jenuh karena populasi pada siswa kelas V
kurang dari 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data dapat
diketahui bahwa pre-test atau tes sebelum diberikan perlakuan model
pembelajaran Game-Based Learning dengan rata-rata nilai sebesar 54,38 dan nilai
post-test dengan nilai rata-rata 79,30. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji Paired
Sample T-Test Hasil pengujiannya memperoleh nilai sebesar 0,001 yang berarti
lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa Hο ditolak
dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Game-Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa pada mata Pelajaran seni tari di kelas V SD Negeri 106164 Sambirejo
Timur Kec. Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Berfikir kritis; Seni tari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:07
Last Modified: 16 Jul 2025 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63745

Actions (login required)

View Item
View Item