Ulkarimah, Dhia (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas XI SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5203111001_Cover.pdf
Download (56kB)
5203111001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (622kB)
5203111001_Kata_Pengantar.pdf
Download (466kB)
5203111001_Abstrak.pdf
Download (64kB)
5203111001_Daftar_Isi.pdf
Download (107kB)
5203111001_Daftar_Tabel.pdf
Download (74kB)
5203111001_Daftar_Gambar.pdf
Download (68kB)
5203111001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (75kB)
5203111001_BAB_I.pdf
Download (399kB)
5203111001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (654kB)
5203111001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (898kB)
5203111001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (593kB)
5203111001_BAB_V.pdf
Download (88kB)
5203111001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (188kB)
5203111001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konsentrasi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan kelas XI di SMK Negeri 2 Binjai. Permasalahan yang dihadapi adalah keterbatasan waktu akibat magang dan menggunakan media pembelajaran yang kurang efektif untuk memahami materi dalam waktu singkat, dan fasilitas sekolah yang terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah quassy experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 2 Binjai, dengan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI DPIB 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan media augmented reality dan XI DPIB 2 Sebagai kelas kontrol menggunakan media canva. Pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t untuk mengukur pengaruh hasil belajar pada kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dan yang menggunakan media Canva. Nilai t hitung sebesar 5,5888 melampaui t tabel sebesar 1,9977, dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen (82,42) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (73,94). Selisih perbedaan sebesar 9% ini mengindikasikan bahwa media Augmented reality memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media pembelajaran; augmented reality; hasil belajar; Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:06 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 04:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63744 |
