Lumban Tobing, Ria Lestari Romaito (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACHT PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101820 PANCUR BATU TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311057 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
1104311057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
1104311057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
1104311057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1104311057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
1104311057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1104311057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
1104311057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104311057 BAB I.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
1104311057 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104311057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah setelah menggunakan model pembelajaran make a macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Pokok Daur Air di Kelas V Negeri 101820 Pancur Batu TA 2011/2012?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran make a macth pada mata pelajaran IPA Materi Pokok Daur Air di Kelas V Negeri 101820 Pancur Batu TA 2011/2012?Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakan pendekatan partisipatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan test hasil belajar sedangkan untuk mengetahui aktivitas mengajar guru digunakan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 65.Berdasarkan hasi penelitian dari dari 30 orang siswa pada saat pretest tingkat ketuntasan klasikal siswa kelas V sebanyak 4 orang siswa 13,3% sedangakan sebanyak 26 orang siswa belum mendapat nilai tuntas. dengan nilai rata-rata 38,0. Pada siklus I sebanyak 15 orang siswa (50%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (50%) belum mendapat nilai tuntas. sebanyak 3 orang siswa (10%), dengan rata-rata 64. Pada siklus II sebanyak 29 orang siswa (96,67%) yang mendapat nilai tuntas sedangkan sebanyak 1 orang siswa (3,3%) belum mendapat nilai tuntas. dengan nilai rata-rata 87,33.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran make a macth dapat mengingkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur air di Kelas V SD Negeri 101820 Pancur Batu TA 2011/2012. Oleh karenanya salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan hasil balajar siswa pada mata pelajaran IPA khsususnya materi pokok daur dapat menggunakan model pembelajaran make a macth.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lum m |
Keywords: | Hasil Belajar siswa; Pembelajaran make A Macht; Pelajaran IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6370 |