Sitorus, Nurhaida (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI KELAS IV SD NEGERI 101780 PERCUT TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313242 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108313242 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
108313242 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
108313242 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108313242 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
108313242 BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
108313242 BAB I.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalab rendahnya basil belajar siswa karena strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif dan kurang bervariasi dalam
pembelajaran.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan pendekatan partisipatif pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat
meningkatkan basil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri I 01780 Percut?".Penelitian ini bertujan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran partisipatif dapat
meningkatkan basil belajar matematika pada materi pokok penjumlahan dan penguranganpecahan di kelas IV SD Negeri I 01780 Percut.Subjek pene\hian ini di\aksanakan di SD Negeri 1 () 178() Percut. Yang dhe\hi yaitu siswa kelas IV B yang berjumlah 39 siswa, 16 orang perempuan dan 22 orang lakilaki.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pembelajaran partisipatif dengan sasaran utama berujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV SD Negeri I 01780 Percut. Pe11elitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus Il Berdasarkan data diperoleh bahwa dari 39 orang siswa pada tes awal terdapat ll orang siswa (28,21%) mend<tpat nilai tuntas, sedangkan 28 orang siswa (71, 79%) mendapat nilai tidak tuntas. Pada siklus I terdapat 15 orang siswa (38,46%) mcndapat nilai tuntas, sedangkan 24 orang siswa (61,54%) mendapat nilai tidak tuntas. Pada siklusH terd::tpat 33 orang siswa (34,6\%) mendapat niiai tuntas, sedangkan 24 orang siswa( 15,38%) mendapat nilai tidak tuntas.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran partisipatif dapat meningkatkan hasil belajar matamatika siswa setelah dilaksanakannya
proses belajar mengajar pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas £V SDNegeri 10l780PercutT.A20lll20l2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | BElajar;Matematika;Pembelajaran;Partisipasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6369 |