Bulan, Sri (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 112320 AEK KOTA BATU KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313339 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313339LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108313339 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313339 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313339 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313339 BAB I.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313339 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
108313339 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Alasan Hasil belajar siswa SD Negeri 112320 Aek Kota Batu Kabupaten Labuhan Batu berdasarkan hasil observasi pada ulangan yang dilakukan penulis pada materi peristiwa sekitar proklamasi, menyimpulkan bahwa hasil yang mereka peroleh dikatakan masih rendah hal ini dapat penulis lihat dari nilai yang diperoleh rata-rata 60 sebanyak 75% dari 40 siswa yaitu 30 siswa yang belum memenuhi Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM). penggunaan metode pembelajaran Role Playing dikarenakan metode role playing merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan bermain peran, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik. Dengan menggunakan metode Role Playing siswa dikondisikan untuk bisa mengambil keputusan. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil analisis terhadap permasalahan yang sedang dihadapi siswa. Guru menggunakan metode ini dalam proses belajar mengajar memiliki tujuan agar siswa dapat memahami perasaan orang lain; dapat tepa seliro dan toleransi. Maka dengan sosiodrama mereka dapat menghayati peranan apa yang dimainkan, mampu menempatkan diri dalam situasi orang lain yang dikehendaki guru. Ia bisa belajar watak orang lain, cara bergaul dengan orang lain, cara mendekati dan berhubungan dengan orang lain, dalam situasi itu mereka harus bisa memecahkan masalahnya. Siswa dapat mengerti dan menerima pendapat orang lain. Dalam kelompok tertentu sering terjadi perbedaan pendapat; yang satu mempunyai pendapat yang lain, hal itu terjadi karena perbedaan sudut tinjauan dan argumentasi yang berbeda. Dengan mendramatisasikan siswa dalam situasi peran yang dimainkannya harus bisa berpendapat, memberikan argumentasi dan mempertahankan pendapatnya, tetapi bila perlu harus bisa mencari jalan keluar atau kompromi bila terjadi banyak perbedaan pendapat. Kemudian siswa dengan perannya itu harus mampu mengambil kesimpulan/Keputusan; karena dalam kehidupan bersama kita tidak bisa hidup sendiri; apalagi bermasyarakat Indonesia berasaskan demokrasi, dan prinsip gotong-royong serta kekeluargaan. Maka hal-hal yang menyangkut kesejahteraan bersama perlu ada musyawarah dan mufakat agar dapat mengambil keputusan bersama. Maka siswa dengan bermain peran, harus dapat melakukan perundingan untuk memecahkan bersama masalah yang dihadapi dan akhirnya mencapai keputusan bersama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Bul m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Role Playing; Pelajaran IPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6367 |