Banowati, Nurika (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI DI SMKN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203142025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_Cover.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 7203142025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_Abstrak.pdf
Download (749kB)
![[thumbnail of 7203142025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203142025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_Daftar_Isi.pdf
Download (748kB)
![[thumbnail of 7203142025_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_Daftar_Tabel.pdf
Download (473kB)
![[thumbnail of 7203142025_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (473kB)
![[thumbnail of 7203142025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203142025_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203142025_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203142025_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203142025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (473kB)
![[thumbnail of 7203142025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (862kB)
![[thumbnail of 7203142025_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 01 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model Mastery Learning berpengaruh tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembel ajaran Problem based learning pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 01 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 01 Medan. Jenis penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian yakni seluruh siswa kelas X Akuntansi yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu sampel diambil atas dasar pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 orang dan siswa kelas X AKL 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model Mastery Learning sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest dan postest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS versi 16. Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre-test pada kelas eksperimen adalah 40,15 dan kelas kontrol 40,14. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 86.09 dan kelas kontrol adalah 73,08. Hasil analisis data penelitian adalah berdistribusi normal dan homogen dalam penelitian ini, maka syarat untuk melakukan uji hipotesis melalui Independen Sample T-Test terpenuhi. Pada uji hipotesis melalui Independen Sample T-Test, didapatkan hasil bahwa nilai sig.(2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antara kelas eksperimen (Mastery Learning) dengan kelas kontrol (Problem Based learning). Karena ada perbedaan maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model Mastery Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL pada materi laporan keuangan di SMKN 01 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Mastery Learning, Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63642 |