Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif (DDTO) Menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Demonstrasi Pada Siswa Kelas X SMKS Karya Serdang Lubuk Pakam T.A 2023/2024

Siregar, Fikri Ahmadi (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif (DDTO) Menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Demonstrasi Pada Siswa Kelas X SMKS Karya Serdang Lubuk Pakam T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173122008_Cover.pdf] Text
5173122008_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 5173122008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173122008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 5173122008_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173122008_Kata_Pengantar.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 5173122008_Abstrak.pdf] Text
5173122008_Abstrak.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 5173122008_Daftar_Isi.pdf] Text
5173122008_Daftar_Isi.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 5173122008_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173122008_Daftar_Tabel.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 5173122008_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173122008_Daftar_Gambar.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 5173122008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5173122008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 5173122008_BAB_I.pdf] Text
5173122008_BAB_I.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 5173122008_BAB_II.pdf] Text
5173122008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5173122008_BAB_III.pdf] Text
5173122008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[thumbnail of 5173122008_BAB_IV.pdf] Text
5173122008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[thumbnail of 5173122008_BAB_V.pdf] Text
5173122008_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 5173122008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173122008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 5173122008_Lampiran.pdf] Text
5173122008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Guru memiliki peran krusial dalam pendidikan, dari perencanaan hingga pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi. Namun, tantangan muncul dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan peran aktif siswa. Observasi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif di SMKS Karya Serdang Lubuk Pakam menunjukkan hasil belajar siswa belum optimal, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, penelitian ini mengusulkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif (DDTO) pada siswa kelas X TBSM SMKS Karya Serdang Lubuk Pakam tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian meliputi data proses dan hasil belajar siswa yang dikumpulkan melalui tes, lembar observasi, dan angket. Instrumen penelitian mencakup tes pilihan ganda, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan berbagai teknik, termasuk uji validitas tes, uji reliabilitas, analisis pembeda, analisis tingkat kesukaran soal, evaluasi hasil belajar, analisis aktivitas siswa, dan analisis respon siswa. Dengan demikian, penelitian ini menyajikan kerangka metodologi yang komprehensif untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang diusulkan.
Penelitian ini dilakukan di SMKS Karya Serdang Lubuk Pakam terhadap 24 siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor. Dengan menggunakan dua siklus, penelitian ini menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif pada materi gambar teknik. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum penerapan model pembelajaran, tingkat pemahaman siswa rendah dengan hanya 20,83% mencapai ketuntasan klasikal. Namun, setelah penerapan model Problem Based Learning pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifikan dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 83,33%. Hal ini menunjukkan keberhasilan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dalam mata pelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Gambar Teknik, Pendekatan Demonstrasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:39
Last Modified: 15 Jul 2025 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63623

Actions (login required)

View Item
View Item