Putri, Dwi Adhinda Junaidi (2013) PENGARUH PENERAPAN BIMBINGAN KARIR MENGGUNAKAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 STABAT T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151014 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
109151014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
109151014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
109151014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
109151014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
109151014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109151014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109151014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
109151014 BAB I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
109151014 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
109151014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya keterampilan siswa dalam menyusun perencanaan karir, masih rendahnya kemampuan siswa memecahkan masalah yang dihadapinya sehingga masih banyak siswa yang asal pilih dalam perencanaan karir dan penerapan layanan bimbingan karir di sekolah masih didominasi dengan menggunakan teknik ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan bimbingan karir menggunakan teknik problem solving terhadap peningkatan kemampuan membuat perencanaan karir siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Stabat T.A 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 12 orang siswa yang mempunyai kemampuan membuat perencanaan karir rendah, mempunyai jenis cita-cita karir realistik, berusia 16 tahun dan menyadari kalau mereka mempunyai masalah dalam membuat perencanaan karir yang dilihat dari hasil pre-test dan penyebaran angket identifikasi jenis cita-cita. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang kemampuan membuat perencanaan karir siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok realita. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bimbingan karir menggunakan teknik problem solving berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membuat perencanaan karir siswa kelas XI SMA Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini tergambar dengan hasil uji t yang dilakukan dengan hasil thitung > ttabel yaitu 7,924 > 1,796 artinya hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif yang signifikan dalam pelaksanaan bimbingan karir menggunakan teknik problem solving terhadap peningkatan kemampuan membuat perencanaan karir siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Stabat T.A 2012/2013, dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Put p |
Keywords: | Bimbingan karir; Konsep belajar; Belajar kognitif; Teknik problem soving; Perencanaan Karir; Perkembangan karir. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6362 |