Simangunsong, Evi Noviyanti (2024) Penerapan Aplikasi CorelDraw Untuk Perancangan Gambar Proporsi Dasar Di SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, UNIMED.
5203143014_Cover.pdf
Download (48kB)
5203143014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (841kB)
5203143014_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
5203143014_Abstrak.pdf
Download (239kB)
5203143014_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
5203143014_Daftar_Tabel.pdf
Download (81kB)
5203143014_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
5203143014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
5203143014_BAB_I.pdf
Download (356kB)
5203143014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (868kB)
5203143014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (901kB)
5203143014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (909kB)
5203143014_BAB_V.pdf
Download (136kB)
5203143014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (147kB)
5203143014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
SMK Negeri 1 Beringin memiliki beberapa jurusan, salah satunya jurusan Tata Busana. Siswa-siswi SMK Negeri 1 Beringin dituntut mampu memanfaatkan teknologi untuk memasuki dunia kerja, namun terdapat permasalahan yaitu
kemampuan desain digital siswa dalam pembelajaran masih kurang sehingga perlu ditingkatkan dalam teknologi sesuai tuntukan kurikulum dan dunia kerja serta pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran masih
belum maksimal. Maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan hasil belajar gambar mode siswa kelas XI Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Beringin dengan penerapan aplikasi CorelDraw dan (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar gambar mode siswa setelah aplikasi CorelDraw diterapkan di kelas XI Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Beringin. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Beringin Tahun Ajaran 2024/2025 dengan jumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar gambar mode siswa dengan menerapkan aplikasi CorelDraw pada materi membuat figure sesuai jenis kelamin dan umur. Pada akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan mendesain proporsi wanita dewasa secara digital. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa: (1) Penerapan
aplikasi CorelDraw dapat meningkatkan hasil belajar gambar mode siswa kelas XI Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Beringin. (2) Dari hasil penelitian terdapat peningkatan, dimana pada kondisi awal sebelum diterapkan aplikasi CorelDraw nilai rata – rata kelas adalah 78,93 dengan tingkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 75%. Setelah diterapkan pada siklus I, nilai rata- rata kelas adalah 82,93 dengan tingkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 90 %. Terjadi peningkatan
nilai rata-rata sebesar 4 poin atau sebesar 15%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi CorelDraw dapat meningkatkan hasil belajar gambar mode pada siswa kelas XI Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Beringin.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Aplikasi; CorelDraw; Perancangan; Gambar; Proporsi |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:36 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 01:36 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63607 |
