Pengaruh Model Pembelajaram Kooperatif tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 0306 Sosopan

Siregar, Muhammad Ripai (2025) Pengaruh Model Pembelajaram Kooperatif tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 0306 Sosopan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192111011_Cover.pdf] Text
1192111011_Cover.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1192111011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192111011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (868kB)
[thumbnail of 1192111011_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192111011_Kata_Pengantar.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 1192111011_Abstrak.pdf] Text
1192111011_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1192111011_Daftar_Isi.pdf] Text
1192111011_Daftar_Isi.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1192111011_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192111011_Daftar_Tabel.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1192111011_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192111011_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1192111011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192111011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1192111011_BAB_I.pdf] Text
1192111011_BAB_I.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 1192111011_BAB_II.pdf] Text
1192111011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[thumbnail of 1192111011_BAB_III.pdf] Text
1192111011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[thumbnail of 1192111011_BAB_IV.pdf] Text
1192111011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[thumbnail of 1192111011_BAB_V.pdf] Text
1192111011_BAB_V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1192111011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192111011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1192111011_Lampiran.pdf] Text
1192111011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaram kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 0306 Sosopan. Populasi dalam penelitian sebanyak 48 siswa, terdiri dari kelas IV A 24 siswa dan kelas IV B 24 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 24 siswa diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Jenis penilitian ini adalah eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Prosedur dalam penelitian ini adalah tahasp persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan uji istrumen penelitian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Kemudian diberikan pretest pada kedua kelas, selanjutnya kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan model konvensional. Terakhir diberi posttest pada kedua kelas. Data dianalisis dengan aplikasi SPSS 24 dan dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil belajar siswa, pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 41,04 pada pretest dan meningkat menjadi 77,08 pada posttest. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 0306 Sosopan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Pelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:21
Last Modified: 14 Jul 2025 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63584

Actions (login required)

View Item
View Item