Siregar, Muhammad Ripai (2025) Pengaruh Model Pembelajaram Kooperatif tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 0306 Sosopan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192111011_Cover.pdf
Download (130kB)
1192111011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (868kB)
1192111011_Kata_Pengantar.pdf
Download (264kB)
1192111011_Abstrak.pdf
Download (142kB)
1192111011_Daftar_Isi.pdf
Download (142kB)
1192111011_Daftar_Tabel.pdf
Download (187kB)
1192111011_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1192111011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
1192111011_BAB_I.pdf
Download (375kB)
1192111011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (895kB)
1192111011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (768kB)
1192111011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (726kB)
1192111011_BAB_V.pdf
Download (233kB)
1192111011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (142kB)
1192111011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaram kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 0306 Sosopan. Populasi dalam penelitian sebanyak 48 siswa, terdiri dari kelas IV A 24 siswa dan kelas IV B 24 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 24 siswa diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Jenis penilitian ini adalah eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Prosedur dalam penelitian ini adalah tahasp persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan uji istrumen penelitian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Kemudian diberikan pretest pada kedua kelas, selanjutnya kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan model konvensional. Terakhir diberi posttest pada kedua kelas. Data dianalisis dengan aplikasi SPSS 24 dan dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil belajar siswa, pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 41,04 pada pretest dan meningkat menjadi 77,08 pada posttest. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 0306 Sosopan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Pelajaran Matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:21 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 08:21 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63584 |
