PENGEMBANGAN APLIKASI 3D DENGAN INTEGRASI BLENDER DAN ROBLOX STUDI KASUS MUSEUM NEGERI SUMATERA UTARA

Fajri, Maulana Malik (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI 3D DENGAN INTEGRASI BLENDER DAN ROBLOX STUDI KASUS MUSEUM NEGERI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203550004_Cover.pdf] Text
4203550004_Cover.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4203550004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203550004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203550004_Abstrak.pdf] Text
4203550004_Abstrak.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 4203550004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203550004_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203550004_Daftar_Isi.pdf] Text
4203550004_Daftar_Isi.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 4203550004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203550004_Daftar_Gambar.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 4203550004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203550004_Daftar_Tabel.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4203550004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203550004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4203550004_BAB_I.pdf] Text
4203550004_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203550004_BAB_II.pdf] Text
4203550004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 4203550004_BAB_III.pdf] Text
4203550004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203550004_BAB_IV.pdf] Text
4203550004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 4203550004_BAB_V.pdf] Text
4203550004_BAB_V.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of 4203550004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203550004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203550004_Lampiran.pdf] Text
4203550004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi potensi teknologi Metaverse dan Ruang Imersif untuk meningkatkan pengalaman wisata virtual di Museum Negeri Sumatera Utara melalui integrasi Blender dan Roblox Studio. Fokus utamanya adalah pengembangan konten metaverse yang kompleks dan interaktif, serta implementasi sistem perhitungan kunjungan adaptif. Metodologi melibatkan pengembangan aplikasi 3D menggunakan Blender untuk pemodelan dan Roblox Studio untuk lingkungan virtual. Hasil utama mencakup penambahan fitur Virtual Reality (VR), perluasan koleksi museum virtual, dan sistem evaluasi berkelanjutan berdasarkan umpan balik pengguna. Kesimpulannya, integrasi Blender dan Roblox Studio efektif dalam menciptakan pengalaman museum virtual yang immersif, membuka peluang baru dalam pemanfaatan teknologi Metaverse untuk meningkatkan aksesibilitas museum dan menawarkan solusi inovatif dalam pelestarian serta promosi warisan budaya melalui platform digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 006.6
Keywords: Metaverse, Ruang Imersif, Blender, Roblox Studio, Museum Virtual, Virtual Reality, Pengalaman Interaktif, Warisan Budaya Digital
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements > GV1221 Indoor games and amusements > GV1469.15 Computer games. Video games. Fantasy games
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:07
Last Modified: 14 Jul 2025 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63554

Actions (login required)

View Item
View Item