Sitanggang, Raysyah Putri (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DI KELAS V SD NEGERI 064037 MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313276 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313276 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
108313276 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
108313276 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313276 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313276 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313276 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313276 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313276 BAB I.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
108313276 BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
108313276 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064037 Medan , dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan, sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match Tahun Ajaran 2011-2012.Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada materi daur air, serta kurangya media dalam pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siswa dikelas ini serta guru kurang bervariasi menggunakan metode dan kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran IPA. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket, angket diberikan sebanyak 20 pertanyaan berbentuk daftar checklist. Angket diberikan sebanyak 3 kali yaitu kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi akitivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi energi daur air. Hasil penelitian menunjukkan pada saat kondisi awal sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 31 orang siswa, tidak ada siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, 14 siswa (45%) yang memiliki motivasi belajar sedang dan 17 siswa (55%) yang memiliki motivasi belajar yang rendah, selanjutnya pada siklus I diperoleh dengan tingkat belajar siswa dari 31 orang siswa sebesar 6 siswa (19%) yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, 20 siswa (65%) yang memiliki motivasi belajar sedang dan 5 siswa (16%) yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Pada sikus II diperoleh 19 siswa (61%) yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, 11 siswa (35%) yang memiliki motivasi belajar sedang dan 1 siswa (3%) yang memiliki motivasi belajar yang rendah . Jadi dapat dikatakan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat pesat.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi daur air di kelas V SD Negeri 064037 Medan T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sit m |
Keywords: | Motivasi Belajar; IPA; Pembelajaran Tipe Index Card Match |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6352 |