Aritonang, Berthalia Fanny (2013) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI SELF REGULATION BAGI MAHASISWA SEMESTER II JURUSAN PGSD FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIMED T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109351005 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
109351005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
109351005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
109351005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
109351005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
109351005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109351005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109351005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109351005 BAB I.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
109351005 BAB V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
109351005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan self regulation dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa semester II jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED T.A 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemandirian melalui self regulation pada mahasiswa semester II Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED 2013/2014. Subjek penelitian setelah dilakukan AUMPTSDL adalah 44 mahasiswa dan 12 orang yang mengalami masalah keterampilan belajar yaitu maslah kemandirian dalam belajar. Penelitian ini diadakan dengan 2 siklus, dimana pada siklus 1 diadakan 3 kali pertemuan dan siklus 2 ada 2 kali pertemuan dengan menggunakan konten dengan strategi BMB3Hasil penelitian menunjukkan dalam meningkatkan kemandirian belajar melalui self regulation dengan layanan konten strategi BMB3 ini diproleh data awal yang menunjukkan bahwa manusia mandiri dalam kategori dalam tahap berfikir dan merasa “ kurang baik ” didapati hasil siklus 1 (75%), dengan hasil (75%) “Baik” peneliti mampu melanjutkan pada siklus II, Hasil pada pertemuan ke empat dan kelima menunjukkan kemandirian mahasiswa 91,6 % “sangat baik” mahasiswa sudah mampu berfikir, merasa, bersikap dan bertindak. Maka dari hasil penelitian terdapat kemandirian melalui self regulation dengan layanan konten strategi BMB3 pada semester II Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED Tahun Ajaran 2013/2014.Dengan demikian peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya, peneliti mengawali penelitian dengan memulainya dengan tes AUMPTSDL untuk mempermudah penelitian, peneliti juga harus mendiskusikan dengan pihak yang terlibat dengan subjek penelitian agar mendapat waktu dan tempat yang khusus agar hasil penelitian lebih optimal. Peneliti juga kelak harus mempertimbangkan jumlah subjek penelitian, agar lebih efisien sebaiknya mengambil subjek penelitian 7 orang mahasiswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Ari m |
Keywords: | Kemandirian; Faktor - faktor; aspek - aspek; Mnafaat belajar mandiri; Tingkat kemandirian; Self regulation; Layanan penguatan konten. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6347 |