Tarigan, Ika Violetta Br. (2013) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJA SAMA BELAJAR ANTAR SISWA DI KELAS X SMA SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108321036 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108321036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
108321036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
108321036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108321036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108321036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108321036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108321036 BAB I.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108321036 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108321036 DAFTRA PUSATAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan kerjasama belajar antar siswa kelas X SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan kerja sama belajar antar siswa di kelas X SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe yang berjumlah 10 orang. Instrument yang digunakan adalah angket yang menjaring data tentang kemampuan kerjasama belajar antar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk menegtahui validitas dan reabilitas angket. Dari 40 item angket yang disebarkan diketahui ada 34 item yang valid dan 6 item soal yang tidak valid, yaitu soal no. 5, 9, 12, 34, 36 dan 39. Jadi soal yang diberikan terhadap 10 sampel berjumlah 34 item. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan kerja sama belajar antar siswa di kelas X SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini teruji dengan menggunakan rumus persentase, diperoleh skor rata-rata persentase kemampuan kerja sama belajara antar siswa pada pre-test = 41,07% sedangkan setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok (post-test) diperoleh skor rata-rata kemampuan kerja sama belajar antar siswa =66,15. Sehingga hipotesis yang diajukan yang berbunyi Bahwa Pelaksanaan layanan bimbigan kelompok member pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan kerja sama belajara antar siswa di kelas X SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Tar p |
Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok; Model Kelompok; Komponen Layanan; Teknik-teknik Layanan; Motivasi; Strategi dan Prosedur; Cara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6344 |