Alwi, Alfonso (2013) PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP ETIKA PERGAULAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP AR-RAHMAN MEDAN HELVETIA TAHUN AJRAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108121048 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
108121048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
108121048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108121048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
108121048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
108121048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108121048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108121048 BAB I.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
108121048 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108121048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : ada pengaruh positif pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap etika pergaulan yang baik pada siswa kelas VIII di SMP Ar-Rahman Medan Helvetia Tahun Ajaran 2012/2013 ? sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap etika pergaulan pada siswa kelas VIII di SMP Ar-Rahman Medan Helvetia Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ar-Rahman Medan Helvetia Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 10 orang menggunakan purposive sampling. Instrumen yang di gunakan adalah angket untuk menjaring data tentang etika pergaulan yang sebelumnya di uji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 50 item angket yang di sebarkan diketahui ada 46 item yang valid dan 4 item soal yang tidak valid, yaitu soal nomor 14,25,29 dan 36. Jadi soal yang di berikan terhadap 10 sampel berjumlah 46 item. Instrumen di berikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok mempunyai pengaruh terhadap etika pergaulan pada siswa kelas VIII di SMP Ar-Rahman Medan Helvetia Tahun Ajaran 2012-2013. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t yang di peroleh dari perhitungan dengan hasil thitung = 3,796 > ttabel = 1,833, artinya hipotesis yang di ajukan berbunyi Ada pengaruh positif pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap etika pergaulan siswa kelas VIII SMP Ar-Rahman Medan Helvetia Tahun Ajaran 2012-2013, dapat di terima. Kesimpulannya bahwa etika pergaulan siswa semakin baik dari sebelum ke sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dalam penelitian ini berhasil meningkatkanetikapergaulansiswa menjadi lebih baik seperti hak dan kewajiban, tertib dan disiplin, kesopanan, kesderhanaan, kejujuran, keadilan dan cinta kasih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Alw p |
Keywords: | Etika Pergaulan; Faktor-faktor; Prinsip Etika Pergaulan; Bimbingan Kelompok; Model Kelompok; Komponen Layanan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1725 Ethics of social groups, classes, etc. Professional ethics L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6339 |