Purba, Erni Santia Dewi (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 020270 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113026 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108113026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
108113026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108113026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108113026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108113026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108113026 DAFTRA GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108113026 BAB I.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
108113026 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108113026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Belajar dapat memberikan suatu perubahan tingkah laku manusia sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Baik dalam aspek pengetahuan, aspek keterampilan maupun aspek sikap. Makin banyak usaha belajar yang dilakukan, maka makin banyak dan makin baik pula hasil yang diperoleh. Untuk dapat mencapai keberhasilan dalam belajar, banyak faktor yang menentukan, salah satu diantaranya adalah motivasi belajar. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA dengan materi pokok gaya sehingga penelitian ini dilaksanakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, guna meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA dengan materi pokok gaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 020270 Binjai dengan subjek penelitian ini siswa-siswi kelas IV SD Negeri 020270 yang berjumlah 24 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan tujuan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok gaya. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang diteliti dan berdasarkan pengamatan peneliti dan guru kelas. Pelaksanaan PTK dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus dilakukan 4 kali pertemuan melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan (observasi). Dari 24 orang siswa dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa pada Siklus I Pertemuan ke-1, dapat dikatakan masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari Siklus I Pertemuan ke-1 mendapat rata-rata 2,32 dan pada Siklus I Pertemuan ke-2 mendapat rata-rata 2,85. Sedangkan pada Siklus II Pertemuan ke-1 mendapat rata-rata 3,0 dan pada Siklus II Pertemuan ke-2 mendapat rata-rata 3,68 pada indikator untuk menghadapi kesulitan, tekun menghadapi tugas, kemandirian dalam belajar tergolong baik, keaktifan dalam kegiatan belajar, minat dalam belajar, kreatif, senang menghadapi tantangan, dan pada minat dalam belajar . Dari hasil yang diperoleh dari 24 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada siklus terjadi peningkatan nilai. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya di kelas IV SD Negeri 020270 Binjai. 
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pur u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6333 |