PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK PAB 2 HELVETIA

Deliana S, Akhni (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK PAB 2 HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203142031_Cover.pdf] Text
7203142031_Cover.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 7203142031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203142031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142031_Abstrak.pdf] Text
7203142031_Abstrak.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of 7203142031_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203142031_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142031_Daftar_Isi.pdf] Text
7203142031_Daftar_Isi.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of 7203142031_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203142031_Daftar_Tabel.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of 7203142031_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203142031_Daftar_Gambar.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 7203142031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203142031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 7203142031_BAB_I.pdf] Text
7203142031_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203142031_BAB_II.pdf] Text
7203142031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7203142031_BAB_III.pdf] Text
7203142031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7203142031_BAB_IV.pdf] Text
7203142031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 7203142031_BAB_V.pdf] Text
7203142031_BAB_V.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 7203142031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203142031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142031_Lampiran.pdf] Text
7203142031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah konsentrasi belajar siswa yang kurang baik pada mata pelajaran akuntansi dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan media sosial terhadap konsentrasi belajar siswa. (2) pengaruh bermain game online terhadap konsentrasi belajar siswa. (3) pengaruh penggunaan media sosial dan bermain game online secara bersama-sama terhadap konsentrasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah 47 siswa kelas X dan XI AKL dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) sebanyak 22 pernyataan. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Data dalam penelitian ini diubah terlebih dahulu dari ordinal ke interval menggunakan Method of Successive Interval (MSI). Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Asumsi Klasik Analisis Regresi Linier Berganda, dan Uji Hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Versi 26.
Dari hasil analisis data semua uji asumsi klasik terpenuhi. (1) Penggunaan Media Sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konsentrasi belajar terbukti dengan nilai t-hitung < t-tabel (-2,187<2,015) dan nilai signifikansi (0,034<0,05). (2) Penggunaan Game Online berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsentrasi belajar terbukti dengan nilai t-hitung > t-tabel (3,976>2,015) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). (3) Penggunaan Media Sosial dan Bermain Game Online secara bersama- sama berpengaruh signifikan terhadap Konsentrasi Belajar terbukti dengan F-hitung>F-tabel (7,905>3,21) dan nilai signifikansi (0,001<0,05) dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,264 atau 27% yang sisanya 73% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konsentrasi Belajar, Media Sosial, Game Online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 09 Jul 2025 09:23
Last Modified: 09 Jul 2025 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63323

Actions (login required)

View Item
View Item