Handayani, Rini (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL GROUP INVESTIGASI (GI) DI SDN 101888 SEI MERAH TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311059 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
1104311059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
1104311059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
1104311059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
1104311059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
1104311059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
1104311059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1104311059 BAB I.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1104311059 BAB V.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1104311059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar siswa pada materi pengaruh benda di dalam air di kelas IV SD Negeri 101888 Sei Merah, Tanjung Morawa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh media pembelajaran yang belum maksimal, sehingga siswa merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi ini perlu dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat guna dan berdaya guna. Dalam pembelajaran peneliti sebagai guru menggunakan model pembelajaran yaitu group investigasi (GI). Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengaruh benda di dalam air, melalui penggunaan model pembelajaran GI. Dalam materi ini dijelaskan kepada siswa pengaruh benda di dalam air yaitu tenggelam, melayang dan terapung. Dimana tujuan penelitian agar siswa lebih mengetahui apa saja yang menyebabkan benda didalam air dapat tenggelam, melayang dan terapung. Penelitian di SDN 101888 Sei Merah, Tanjung Morawa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta lembar kerja siswa (soal) untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran dan penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes awal (pretest) 47.33 dengan ketuntasan 16.66%, kemudian diterapkan siklus I dengan hasil rata-rata 64.00 dengan ketuntasan 56.66% kemudian hasil tes siklus II diperoleh rata-rata meningkat menjadi 92.00 dengan ketuntasan klasikal 100% atau dikatakan tuntas. Dengan demikian terbukti bahwa dengan menggunakan model group investigasi (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 101888 Sei Merah, Tanjung Morawa. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan guru perlu menyusun langkah-langkah pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, dan disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan model GI sebagai alat bantu pembelajaran agar siswa dapat memahami materi yang diajarkan serta dapat meningkat hasil belajar siswa. 
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Han m |
Keywords: | Hasil Belajar Sains; Model Grup Investigation |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6331 |