Nasution, MHD. Iqbal (2024) Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Budaya Jawa untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII. Masters thesis, UNIMED.
8226171008_Cover.pdf
Download (50kB)
8226171008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (275kB)
8226171008_Abstrak.pdf
Download (130kB)
8226171008_Kata_Pengantar.pdf
Download (159kB)
8226171008_Daftar_Isi.pdf
Download (84kB)
8226171008_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
8226171008_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
8226171008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (52kB)
8226171008_BAB_I.pdf
Download (410kB)
8226171008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226171008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (765kB)
8226171008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226171008_BAB_V.pdf
Download (88kB)
8226171008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (246kB)
8226171008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (702kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar peserta didik di SMP Pusaka Bandar Klippa; 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik melalui bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang dikembangkan; 3) peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Model pengembangan ini terdiri dari 3 tahap pengembangan yaitu (1) needs assesment, (2) design, dan (3) development/implementation. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: 1) bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar peserta didik yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang telah dikambangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba lapangan sebesar 0,64 yang berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan motivasi peserta didik dengan bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa yang telah dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan peningkatan sebesar 8,28%.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Nas p |
| Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Flipbook, Model Hannafin dan Peck, Budaya Jawa, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 09:25 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 09:25 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63242 |
