PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 1 PANTAI LABU

Simanjuntak, Ivo Yantika (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 1 PANTAI LABU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203351034_Cover.pdf] Text
4203351034_Cover.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4203351034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203351034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203351034_Abstrak.pdf] Text
4203351034_Abstrak.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4203351034_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203351034_Kata_Pengantar.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 4203351034_Daftar_Isi.pdf] Text
4203351034_Daftar_Isi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4203351034_BAB_I.pdf] Text
4203351034_BAB_I.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 4203351034_BAB_II.pdf] Text
4203351034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[thumbnail of 4203351034_BAB_III.pdf] Text
4203351034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[thumbnail of 4203351034_BAB_IV.pdf] Text
4203351034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[thumbnail of 4203351034_BAB_V.pdf] Text
4203351034_BAB_V.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 4203351034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203351034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of 4203351034_Lampiran.pdf] Text
4203351034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pada penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 1 Pantai Labu. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experiment dengan desain One Group pre-test post-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil satu kelas yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam ranah kognitif berbentuk pilihan berganda dengan 20 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur ranah afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil belajar kognitif terdapat peningkatan dari nilai pre-test 40% dan post-test menjadi 84,03% dan rata-rata N-Gain nya 0,73 dengan klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil observasi afektif dan psikomotorik peserta didik sangat baik, hal ini dilihat dari rata-rata afektif peserta didik 89,38% dan psikomotorik 82,1%. Sehingga penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 570.72 Sim p
Keywords: Project based learning; Klasifikasi makhluk hidup; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:15
Last Modified: 08 Jul 2025 06:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63223

Actions (login required)

View Item
View Item