Bahar, Alvinna (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SAINS MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI NO. 067774 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113016 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108113016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108113016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
108113016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108113016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108113016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108113016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108113016 BAB I.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
108113016 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108113016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Rendahnya Hasil Belajar Siswa karena kurangnya peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar 2) Suasana kelas yang tidak kondusif karena guru tidak menggunakan metode yang bervariasi 3) Siswa tidak memahami penjelasan materi cahaya dan sifatnya dari guru 4) Siswa kurang berminat dalam mengikuti pelajaran Sains pada materi cahaya dan sifatnya 5) Pembelajaran hanya berpusat pada guru 6) Guru tidak menggunakan media dalam proses belajar mengajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Materi Cahaya dan sifatnya Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di kelas V SD Negeri No.067775 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Apakah Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri No. 067774 Medan Johor Tahun Ajaran 2011/2012 Pokok Bahasan Cahaya dan Sifatnya?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan kelas. Dalam penelitian ini, Metode Demonstrasi sebagai sasaran utama. Menerapkan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran Sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifatnya di kelas V SD Negeri 067774 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas v berjumlah 32 siswa, laki-laki 17 orang dan perempuan 15 orang. Objek formal dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran sains di SD Negeri 067774 Medan Johor TAhun Ajaran 2011/2012. Hasil penelitian pada saat pre test mencapai 5 siswa atau sebesar 15,7% yang tuntas dan 27 siswa atau sebesar 84,3% yang belum mencapai nilai ketuntasan dari 32 siswa dengan nilai rata-rata kelas 46,56. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 20 siswa atau sebesar 62,5% dan 12 siswa yang belum mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 67,18, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat yaitu 28 siswa atau 87,5% dengan nilai rata-rata 83,43 dan 4 orang siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan atau sebesar 12,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada materi cahaya dan sifatnya di kelas V SD Negeri 067774 Medan Johor Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Bah m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Materi Cahaya; Metode Demonstrasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6318 |