Pengaruh Metode The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 067240 Medan T.P 2024/2025.

Fajariani, Anggi (2025) Pengaruh Metode The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 067240 Medan T.P 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1183111146_Cover.pdf] Text
1183111146_Cover.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1183111146_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183111146_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 1183111146_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183111146_Kata_Pengantar.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 1183111146_Abstrak.pdf] Text
1183111146_Abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1183111146_Daftar_Isi.pdf] Text
1183111146_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1183111146_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183111146_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1183111146_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183111146_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1183111146_Lampiran.pdf] Text
1183111146_Lampiran.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1183111146_BAB_I.pdf] Text
1183111146_BAB_I.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 1183111146_BAB_II.pdf] Text
1183111146_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[thumbnail of 1183111146_BAB_III.pdf] Text
1183111146_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[thumbnail of 1183111146_BAB_IV.pdf] Text
1183111146_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[thumbnail of 1183111146_BAB_V.pdf] Text
1183111146_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1183111146_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183111146_Daftar_Pustaka.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1183111146_Lampiran.pdf] Text
1183111146_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode The Power of Two terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 067240 Medan T.P 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian Quasi Eksperimen Design yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 13 siswa dan kelas IV B yang berjumlah 13 orang siswa. Instrumen yang digunakan
yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda. Teknik Penelitian ini menggunakan metode statistic Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar dengan menggunakan metode The Power of Two pada kelas eksperimen yaitu 82,69, sedangkan rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan metode The Power of Two pada kelas kontrol yaitu 70. Pada uji normalitas dengan ketentuan jika sig > 0,050 diketahui bahwa hasil pre test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribuasi normal dengan perolehan nilai pada
kelas eksperimen pre test, hasil uji = 0,433 > 0,050 dan pada hasil post test, hasil
uji = 0,227 > 0,050 sedangkan pada kelas kontrol pre test, hasil uji = 0,155 > 0,050 dan pada hasil post test, hasil uji = 0,487 > 0,050. Hasil uji homogenitas data penelitian, diketahui bahwa data penelitian berasal dari sampel-sampel yang homogen dengan perolehan nilai uji homogenitas pada pre test dan post test memperoleh nilai signifkan yaitu 0,758 dan 0,325 yang artinya lebih dari 0,050 (Sig. > 0,050), maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut dikatakan homogen. Data analisis dengan uji hipotesis menggunakan uji-t independent sample t-test dengan taraf siginfikan α = 0,05 dan degree freedom (df) = 24. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (5,500 > 2,308) atau H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode The Power of Two terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 067240 Medan T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Bahasa Indonesia; Kelas IV Sd
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:54
Last Modified: 03 Jul 2025 07:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63137

Actions (login required)

View Item
View Item