Ginting, Doralorentina (2012) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA (PERMISIF) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR WARGA BELAJAR DI SKB KARO. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211322046 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
071211322046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
071211322046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
071211322046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071211322046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071211322046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
071211322046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
071211322046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
071211322046 BAB I.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
071211322046 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
071211322046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1). Orangtua kurang memberikan pola asuh yang baik terhadap anak di dalam meningkatkan disiplin anak. 2). Orangtua terlalu sibuk dengan pekerjaanya, sehingga orangtua kurang memiliki waktu untuk memperhatikan anak. 3). Keluarga yang kurang harmonis membuat perilaku anak menjadi kurang baik. 4). Kurang adanya komunikasi antara orangtua dengan anak. 5). Rendahnya pendidikan orangtua sehingga kurang memahami bagaimana cara-cara yang baik dan tepat dalam mendidik anak. Tujuan dari penelitian ini yaituUntuk menjelaskan pengaruh pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan belajar warga belajar paket B SKB Karo. Teori yang diangkat dari Berkyang menyatakan bahwa pola asuh orangtua adalah daya upaya orang tua dalam memainkan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Sedangkan teori disiplin diambil dari Maman Rachmat (Akhmadsudrajat, 2011) mengemukakan bahwa tujuan disiplin adalah : 1) memberi dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang, 2) mendorong siswa memahami dan melakukan yang baik dan benar, 3) membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya dan menjauhi melakukan hal-hal yang dilarang oleh sekoalh, dan 4) siswa belajar hidup dengan kebiasaan- kebiasaan yang baik dan bermanfaat baginya serta lingkungannya”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampeldalam penelitian iniadalah warga belajar paket B di SKB karo berjumlah 67 orang, keseluruhan populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian tentangpola asuh orangtua dengan kedisiplinan belajar warga belajar, menggunakan angket, tehnik analisis data dengan menggunakan rumus Uji t. Melalui uji t diperoleh harga thitungsebesar = 4,94. Sedangkan nilai t tabel sebesar 1,66.Ternyata perbandingan harga thitung dengan ttabel = 4,49 > 1,66, hal ini membuktikan bahwa jika pola asuh orangtua meningkat, maka kedisiplinan belajar warga belajarjuga meningkat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pola asuh orangtua dengan kedisiplinan belajar warga belajar paket B di SKB karo..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.071 Gin p |
Keywords: | Asuh; Orang Tua; Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6305 |