Armianti, Riska (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pelajaran Pendidikan Pancasila Di SDN 056425 Damar Seratus. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8236181009_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Cover.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 8236181009_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236181009_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Abstrak.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 8236181009_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Kata_Pengantar.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 8236181009_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Daftar_Isi.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 8236181009_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Daftar_Tabel.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 8236181009_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 8236181009_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 8236181009_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_BAB_I.pdf
Download (607kB)
![[thumbnail of 8236181009_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_BAB_II.pdf
Download (700kB)
![[thumbnail of 8236181009_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (700kB)
![[thumbnail of 8236181009_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236181009_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8236181009_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_BAB_V.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 8236181009_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (475kB)
![[thumbnail of 8236181009_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis inquiry yang sudah teruji kelayakan media, kepraktisan media, serta sudah teruji keefektifan multimedia interaktif berbasis inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pelajaran pendidikan Pancasila di SDN 056425 Damar Seratus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau biasa disebut dengan penelitian dan pengembangan. Desain pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Analysis Design Development Implementation Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian siswa kelas V SDN 056425 Damar Seratus. Multimedia interaktif yang dikembangkan lalu diuji kelayakan oleh ahli media (92%), ahli desain (93%), dan ahli materi (97%) dikatakan layak digunakan didalam proses pembelajaran. Multimedia interaktif yang dikembangkan lalu diuji kepraktisan oleh guru melalui ahli praktisi pendidikan (97%), dan siswa melalui uji perorangan (91,5%) dan uji kelompok kecil (92,6%) dikatakan praktis untuk digunakan didalam proses pembelajaran. Produk Multimedia Interaktif Berbasis Inquiry yang dikembangkan juga efektif meningkatkan hasil belajar. Keefektifan media yang dikembangkan terhadap hasil belajar dibuktikan dari hasil belajar afektif sebesar 89,9% berkategori sangat baik. Pada aspek psikomotorik sebesar 75,4% dengan kategori baik. Pada hasil belajar kognitif, sebelum penerapan multimedia interaktif berbasis inkuiri, tidak ada siswa yang tuntas pada pretest. Setelah penerapan, 74% siswa tuntas pada posttest, dengan rata-rata N-Gain 0,5756 yang masuk kategori "Sedang". Selain itu, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar kognitif yaitu 8,286>1.705 setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis inquiry pada mata pelajaran pendidikan Pancasila materi Pancasila dalam kehidupanku kelas V SDN 056425 Damar Seratus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Arm p |
Keywords: | Multimedia Interaktif, Inkuiri, dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:00 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63038 |