Auzi, Cahaya (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Baamboozle pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SD Negeri 106156 Klumpang. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8236181010_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Cover.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of 8236181010_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (527kB)
![[thumbnail of 8236181010_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Abstrak.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 8236181010_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Kata_Pengantar.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 8236181010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Daftar_Isi.pdf
Download (204kB)
![[thumbnail of 8236181010_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Daftar_Tabel.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 8236181010_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Daftar_Gambar.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 8236181010_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 8236181010_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_BAB_I.pdf
Download (542kB)
![[thumbnail of 8236181010_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236181010_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236181010_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8236181010_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_BAB_V.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of 8236181010_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (268kB)
![[thumbnail of 8236181010_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8236181010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Baamboozle pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V yang telah teruji kelayakan oleh validator ahli dan efektivitas serta praktikalitasnya berdasarkan respon tenaga pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa t1ahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran interaktif berbasis Baamboozle ini dikembangkan lalu diuji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa kemudian dilanjutkan uji efektivitas serta uji kepraktisan. Hasil uji kelayakan diperoleh rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 91% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media 92% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli bahasa 77% dengan kategori “Layak”. Kepraktisan media diukur menggunakan angket yang diberikan pada tiga (3) guru kelas V dan memperoleh nilai 93,75 dengan kategori “Sangat Praktis”. Efektivitas media diperoleh dari hasil belajar siswa melalui perhitungan N-Gain dengan rata-rata 0,7155. Menempatkan rata rata dengan kategori efektivitas “Tinggi”. Pada ranah afektif perolehan nilai siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Baamboozle masuk pada kategori A (Sangat Baik) dengan rata-rata persentase 89,15 serta hasil perhitungan N-Gain dengan rata-rata 0,7550. Menempatkan rata-rata dengan kategori efektivitas “Tinggi”. Penilaian ranah psikomotorik memperoleh rata-rata 89,00 dengan kategori A (Sangat Baik). Pengujian hipotesis memperoleh nilai Zhitung < Ztabel yaitu -4,62 < -1,96 dengan Sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Menyimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Baamboozle pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 106156 Klumpang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Auz p |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Baamboozle, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:56 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63027 |